Pengembangan Alat Peraga Kincir Angin Berbasis Uap Panas Sebagai Media Pembelajaran Hukum II Termodinamika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan alat peraga kincir angin yang berbasis uap panas, yang digunakan untuk mengajarkan materi Hukum II Termodinamika. Selain itu, penelitian ini juga mendeskripsikan tingkat daya tarik, kepraktisan, dan manfaat dari produk alat peraga tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Design and Development Research (DDR), dengan teknik analisis data yang meliputi penilaian terhadap hasil uji validitas serta uji kepraktisan. Data yang digunakan dalam uji kepraktisan meliputi hasil penilaian terhadap keterlaksanaan alat, respon peserta didik, dan persepsi guru. Berdasarkan hasil penelitian, alat peraga yang dikembangkan menunjukkan kategori validitas yang sangat baik. Selain itu, respon peserta didik terhadap alat peraga ini juga tergolong positif, dan persepsi guru terhadap penggunaan alat ini pun menunjukkan hasil yang baik.
Kata kunci: Alat Peraga, Uap Panas, Hukum II Termodinamika
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ates, S., & Eryilmaz, A. (2011). "The effect of conceptual assignments and conceptual change discussions on students’ misconceptions in physics." Journal of Science Education and Technology, 20(5), 577-597.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74.
Kristiani, I., Kristiyanto, W. H., & Rondonuwu, F. S. (2020). Model Mesin Stirling 3D Printing sebagai Media Belajar Fisika Materi Termodinamika. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 3(1), 24-31.
Purwanti, P. (2023, December). Analisis Desain Alat Peraga Fisika Pada Materi Termodinamika. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 4, No. 1).
Saputra, D. T. S., & Eriyanto, B. (2023). Konversi Energi Angin: Investigasi Komprehensif terhadap Teknologi Turbin Angin. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12).
Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st century skills through scientific literacy and science process skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 110-116.
Wiyanto & Widiyatmoko, A. (2016). Preparation Model of Student Teacher Candidate in Developing Integrative Science Learning. Journal of Education and Human Development, 5(2), 169-177.
Yolanda, Y. (2021). Pengembangan Modul Ajar Fisika Termodinamika Berbasis Kontekstual. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(03), 80-95.
Konicek-Moran, R., & Keeley, P. (2015). Teaching for conceptual understanding in science. Arlington: NSTA Press.
Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |