ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATAKULIAH FISIKA LISTRIK MAGNET

Dwi Aprillia Setia Asih, Indica Yona Okyranida, Erni Mariana

Abstract


Pendidikan memiliki orientasi untuk mempersiapkan kemampuan peserta didik yang mampu mendukung dan memenuhi kebutuhannya di masa depan. Salah satu kebutuhan yang diperlukan adalah kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebagai dasar pengembangan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan berupa soal tes essay yang mengacu pada indikator kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah listrik magnet tergolong baik. Hal tersebut didukung dengan perolehan presentase indikator berpikir kritis mahasiswa yaitu Argumentasi (78,05%), Asumsi (62,30%), Dedukdi (97,50%), Interpretasi (73,03%), Kesimpulan (65,50%). Upaya yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dapat melaui Pengelolaan kelas yang baik dan sesuai dengan karakter mahasiswa, menciptakan interaksi antara dosen dan mahasiswa yang baik serta selalu memberikan evaluasi kepada mahasiswa.

Kata kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kritis, Listrik Magnet

 


References


Chaedar. A. (2009). Tujuan Pendidikan Kontekstual. Bandung. Mizan Learning Centre

Franco, A., Marques Vieira, R., & Tenreiro-Vieira, C. (2018). Educating for Critical Thinking in University: The Criticality of Critical Thinking in Education and Everyday Life. Essachess. Journal for Communication Studies, 11(2), 22.

Huber, C. R., & Kuncel, N. R. (2016). Does College Teach Critical Thinking? A Meta-Analysis. Review of Educational Research, 86(2), 431–468.

Moeleong. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Permana Rosdakarya.

Nuraida, D. 2019. Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan, 4(1).

Pangestuti, A. A., Susilo, H., & Zubaidah, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading–Concept Map– Teams Games Tournaments untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X IPA 4 SMA Laboratorium UM. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 11, No. 1, pp. 963-938). https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/artic le/view/7962

Purwati. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Jurnal Kadikma,7(1).

Sandi, M. I. (2013). Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Kategori Literasi Sains (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)

Setiawan, D. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, K ualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License