Peningkatan Kinerja Guru Melalui Budaya Organisasi dan Kompetensi Pedagodis Guru

Mailizar Mailizar, Maya Nurfitriyanti

Abstract


Kinerja guru memiliki peranan krusial dalam mencapai target pendidikan nasional dan menentukan tingkat kualitas pendidikan secara menyeluruh, karena mereka secara langsung terlibat dalam proses pembelajaran dan pengajaran. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh langsung budaya organisasi dan kompetensi pedagogis terhadap kinerja guru; pengaruh langsung budaya organisasi terhadap kompetensi pedagogis; serta pengaruh tidak langsung budaya organisasi terhadap kinerja guru melalui kompetensi pedagogis. Sementara secara umum, penelitian bertujuan untuk menemukan strategi dan cara meningkatkan kinerja guru melalui budaya organisasi dan kompetensi pedagogis. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan analisis jalur. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah 247 guru SMK Swasta terakreditasi B di Kota Depok dengan ukuran sampel 153 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan: 1) budaya organisasi terhadap kinerja guru (βy1=0,200;α<0,01); 2) kompetensi pedagogis terhadap kinerja guru (βy2=0,344;α<0,01); 3) budaya organisasi terhadap kompetensi pedagogis (β21=0,282;α<0,05). Variabel kompetensi pedagogis tidak berfungsi secara efektif sebagai mediator pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru.

References


Effhendi, A., Mindarti, C. S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Kompetensi dan Efikasi Diri terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Telaah Manajemen, Vol. 15(2), 94-103.

Febriantina, S., Nur Lutfiani, F., & Zein, N. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru. Tadbir Muwahhid, 2(2), 120. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i2.1313

Hasbi, M. (2022). Kinerja Guru dan Problematikanya. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5 (2), 25-44.

Hasibuan, H.A., & Andika, R. (2023). The Characteristics of Organizational Culture on Teacher Performance in Schools. doi: 10.55606/icesst.v2i1.270.

Miyono, N., & Abdullah, G. (2022). Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru sd. Jurnal Prakarsa Paedagogia, doi: 10.24176/jpp.v5i2.7990.

Setyaningsih, S. (2023). Analisis Data Penelitian Sosial Menggunakan Analisis Jalur, Sem-Pls dan Sitorem. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Supardi, U. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Edisi Revisi. Jakarta.

Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogis, Profesional, Dan Motivasi.

Supriyatna, S., Kadar, I., & Wulandari, D. (2023). Strengthening Organizational Culture, Transformational Leadership, Self-Efficacy, and Achievement Motivation in Increasing Innovation Efforts. doi: 10.58860/ijsh.v2i5.44.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License