Meningkatkan Kemampuan English Speaking Mahasiswa melalui Sing an English Song

Eva Yuni Rahmawati, Mira Gusniwati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa inggris (English Speaking Skill) mahasiswa program studi ekonomi pembangunan, semester 1, tahun pelajaran 2024/2025 melalui metode musik dan lagu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas oleh kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, catatan lapangan, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkann peningkatan keterampilan berbicara mahasiswa. Pada siklus pertama, proses pembelajaran dengan metode musik dan lagu menunjukkan potensi perbaikan, peneliti menemukan beberapa masalah dan perlu perbaikan. Setelah itu dilakukan perubahan, revisi sesuai kebutuhan, selanjutnya diterapkan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan selama proses belajar mengajar melalui metode musik dan lagu yang diterapkan. Peningkatan partisipasi mahasiswa dan penguasaan kosakata; mereka lebih aktif, antusias, dan percaya diri dalam berbicara bahasa inggris.


References


Dahler, D. (2014). Using Songs in the Speaking Class: Improving Students’ Abilities in a Relaxing Way. ELT-Lectura, Studies and Perspectives in English Language Teaching. Journal of Education and Human Development, 1(1), 34-38.

Miranda, J.A., & Wahyudin, A.Y. (2023). Pre-Service Teachers’ Strategies in Improving Students’ Speaking Skills. Journal of English Language Teaching and Learning, 4(1), 40-47

Nunan, D. (2001). Ekspresi 2: Komunikasi Bahasa Inggris yang Bermakna. Boston: Heinle & Heinle.

Purnama, A. & Karimullah, I. W. (2024). Improving Students Speaking Ability with English Song. Journal of Social Research, 3(3), 888-900.

Ramdhany, A.S., & Sabariyanto, S. (2023). A Descriptive Study of English Teaching Speaking Strategies Applied by Tutors at Kampung Inggris Solo. UIN Surakarta.

Rorintulus, OA, & Wuntu, CN. (2023). Menjelajahi Efektifitas Lagu untuk Peningkatan Kemampuan Mendengarkan Siswa. Pendidikan & Pembelajaran, 3(1), 91-95.

Said, A. S. H., & Asdar, A. (2023). Pengaruh Media Animasi terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Panampu II Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 3(2), 138-141.

Zulkarnain, Astuti, N., & Widiati, B. (2023). The Correlation Between Self-Confidence, Self-Efficacy and Speaking Ability. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan. 16(1), 11-20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License