Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi etnomatematika pada rumah adat Bapang di Jakarta sebagai representasi budaya Betawi. Etnomatematika mengkaji hubungan antara budaya dan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, serta bagaimana nilai-nilai budaya tercermin dalam arsitektur. Dengan pendekatan kualitatif dan etnografi, penelitian ini melakukan observasi dan wawancara dengan seniman serta budayawan untuk memahami elemen matematis yang terdapat dalam desain Rumah Adat Bapang. Hasilnya menunjukkan bahwa Rumah Adat Bapang tidak hanya berfungsi sebagai hunian, tetapi juga sebagai simbol identitas budaya, mencerminkan pemikiran matematis masyarakat Betawi. Pelestarian Rumah Adat Bapang diharapkan dapat membantu menjaga warisan budaya dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan budaya dalam konteks globalisasi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ajmain, A., Herna, H., & Masrura, S. I. (2020). Implementasi pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45–54. https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3910
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34–46. https://jurnalmitita.univpasifik.ac.id/index.php/mjp/article/view/47
Farhaeni, M., & Martini, S. (2023). Pentingnya Pendidikan Nilai-Nilai Budaya dalam Mempertahankan Warisan Budaya Lokal di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(2), 27–34. https://doi.org/10.30742/juispol.v3i2.3483
Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Ayu Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/828
Mahadipta, N. G. D., Pranajaya, I. K., & Dewi, N. M. E. N. (2024). SIGNIFIKANSI BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL DALAM EKSISTENSI INDUSTRI KREATIF DI PROVINSI BALI. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 7, 167–177. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/822
Mardiyati, A. P., Al Hasyir, M. I. A. H., & Mulyatna, F. (2024). Ethnomathematics: Exploring Mathematical Concepts in the Art of Lenggang Nyai Dance. MathSciEdu: Journal of Mathematics and Science Education, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.19109/MathSciEdu.v1i1.22172
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48–51. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059
Mulyatna, F., Karim, A., & Wiratomo, Y. (2022). EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 76–84. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2477
Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2023). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DI MGMP MATEMATIKA KOMISARIAT CISARUA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 101–109. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39357
Oktavianti, D., Hakim, A. R., Hamid, A., Nurhayati, N., & Mulyatna, F. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Jakarta dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 29–44. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14921
Rosaliza, M., Asriwandari, H., & Indrawati, I. (2023). Field Work: Etnografi dan Etnografi Digital. Jurnal Ilmu Budaya, 20(1), 74–103. https://doi.org/10.31849/jib.v20i1.15887
Rukiah, Y., Saptodewo, F., & Alam, B. P. (2021). Makna Ornamen Pada Arsitektur Rumah Kebaya Tradisional Betawi. Deskomvis, 2(1), 33–42.
Saodah, S., Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(3), 375–385. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/907
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |