Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi

Anita Diah Puspitasari, Maulia Rachmah Hakim, Fauzi Mulyatna

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi etnomatematika pada rumah adat Bapang di Jakarta sebagai representasi budaya Betawi. Etnomatematika mengkaji hubungan antara budaya dan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, serta bagaimana nilai-nilai budaya tercermin dalam arsitektur. Dengan pendekatan kualitatif dan etnografi, penelitian ini melakukan observasi dan wawancara dengan seniman serta budayawan untuk memahami elemen matematis yang terdapat dalam desain Rumah Adat Bapang. Hasilnya menunjukkan bahwa Rumah Adat Bapang tidak hanya berfungsi sebagai hunian, tetapi juga sebagai simbol identitas budaya, mencerminkan pemikiran matematis masyarakat Betawi. Pelestarian Rumah Adat Bapang diharapkan dapat membantu menjaga warisan budaya dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan budaya dalam konteks globalisasi.


References


Ajmain, A., Herna, H., & Masrura, S. I. (2020). Implementasi pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45–54. https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3910

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34–46. https://jurnalmitita.univpasifik.ac.id/index.php/mjp/article/view/47

Farhaeni, M., & Martini, S. (2023). Pentingnya Pendidikan Nilai-Nilai Budaya dalam Mempertahankan Warisan Budaya Lokal di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(2), 27–34. https://doi.org/10.30742/juispol.v3i2.3483

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Ayu Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/828

Mahadipta, N. G. D., Pranajaya, I. K., & Dewi, N. M. E. N. (2024). SIGNIFIKANSI BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL DALAM EKSISTENSI INDUSTRI KREATIF DI PROVINSI BALI. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 7, 167–177. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/822

Mardiyati, A. P., Al Hasyir, M. I. A. H., & Mulyatna, F. (2024). Ethnomathematics: Exploring Mathematical Concepts in the Art of Lenggang Nyai Dance. MathSciEdu: Journal of Mathematics and Science Education, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.19109/MathSciEdu.v1i1.22172

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48–51. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059

Mulyatna, F., Karim, A., & Wiratomo, Y. (2022). EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 76–84. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2477

Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2023). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DI MGMP MATEMATIKA KOMISARIAT CISARUA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 101–109. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39357

Oktavianti, D., Hakim, A. R., Hamid, A., Nurhayati, N., & Mulyatna, F. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Jakarta dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 29–44. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14921

Rosaliza, M., Asriwandari, H., & Indrawati, I. (2023). Field Work: Etnografi dan Etnografi Digital. Jurnal Ilmu Budaya, 20(1), 74–103. https://doi.org/10.31849/jib.v20i1.15887

Rukiah, Y., Saptodewo, F., & Alam, B. P. (2021). Makna Ornamen Pada Arsitektur Rumah Kebaya Tradisional Betawi. Deskomvis, 2(1), 33–42.

Saodah, S., Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(3), 375–385. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/907


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License