Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Ayu Dwi Handini, Rifqi Pratama, Yulian Dinihari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami materi sistem pernapasan manusia. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII di SMP Negeri 2 Bojonggede. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal berupa essai sebanyak 10 soal berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inference. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata persentase setiap indikator kemampuan berpikir kritis siswa untuk tingkat SMP masih termasuk kedalam kategori rendah dan sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari persentase setiap indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi sebesar 45% dengan kategori cukup, indikator analisis sebesar 23% dengan kategori rendah, indikator evaluasi sebesar 12% dengan kategori sangat rendah, dan indikator inference sebesar 22% dengan kategori rendah. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah, terutama pada indikator evaluasi masih tergolong sangat rendah. Hal ini kemampuan berpikir kritis siswa masih perlu ditingkatkan lagi dan peran guru untuk membantu siswa dalam melatih kemampuan berpikir kritis melalui latihan-latihan soal berupa essai yang memuat indikator kemampuan berpikir kritis, selain itu pemilihan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif akan mempengaruhi daya siswa dalam kemampuan berpikir kritis terutama pada evaluasi.


References


Adinda, I. R., Hasanah, U., & Banun, S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Biologi Siswa Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Biolokus, 4(2), 118. https://doi.org/10.30821/biolokus.v4i2.1026

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. 6(1), 5–10.

Anggraini, L., & Perdana, R. (n.d.). HUBUNGAN SIKAP DAN PERCAYA DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. https://doi.org/10.32699/spektra.v5vi2i.103

Anita, A., & Hakim, D. L. (2022). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 175. https://doi.org/10.33087/phi.v6i2.242

Arif, D. S. F., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2018, 323–328. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/594

Asmoro, B. P., & Mukti, F. D. (2019). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas Va Sekolah Dasar Negeri Karangroto 02. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 115–142. https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.28

Facione, P. a. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.). https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Febrita, A., Mahmudah, S., & Rianto., E. (2017). Peran guru dalam implementasi kurikulum 2013 pendidikan khusus sekolah luar biasa di sidoarjo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 14–20.

Fitri, W. J., Maimunah, & Suanto, E. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2022), 1678–1688.

Hallatu, Y., & Lasaiba, M. A. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah BPD Desa Iha Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat Tentang Konflik. Geoforum, 1(1), 57–65. https://doi.org/10.30598/geoforumvol1iss1pp57-65

Indawati, H., Sarwanto, S., & Sukarmin, S. (2021). STUDI LITERATUR PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SMP. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 98. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57269

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Maslakhatunni’mah, D., Safitri, L. B., & Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP.

Mirawati, N., Siti Balkist, P., & Setiani, A. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO MENGGUNAKAN POWTOON DAN MOVAVI VIDEO EDITOR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Vol. 4, Issue 1).

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10490

Patonah, S. (2014). Elemen bernalar tujuan pada pembelajaran ipa melalui pendekatan metakognitif siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 128–133. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3111

Perangin-Angin, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Momentum Dan Impuls Di Kelas X Semester Ii Sma Negeri 3 Medan T.P. 2016/2017. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(4), 35–41. https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.12484

Ramadhani, Dwi Putri, Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Analisis Effect Size Pengaruh Penerapan LKS Terhadap Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran IPA dan Fisika. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 77–89. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.19607

Rosmaini, R. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 869–879. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4767

Sofiarini, A., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kebijakan dan Kepemimpinan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum 2013 Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 5(2), 724–732. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.668

Suriati, A., Sundaygara, C., & Kurniawati, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X Sma Islam Kepanjen. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(3), 176–185. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6053

UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. (2003). Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License