Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika

Abdul Karim, Indah Mayang Purnama, Yogi Wiratomo

Abstract


Tujuan untuk mengkaji peranan literasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran matematika, yang mana teknologi sangatlah berkembang pesat pada saat ini yang bisa menjadi dua mata pisau pada pelaksanaanya. Hal tersebut tentunya perlu menjadi perhatian khusus bagi para pendidik untuk memanfaatkan teknologi secara positif sehingga kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Metode Penelitian mengunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan literatur review dengan mengkaji artikel yang terkait mengenai peran literasi teknologi informasi dan informasi dalam pembelajran matematika. Adapun hasil kajian yang kami temukan bahwasanya teknologi informasi dan komunikasi sangatlah berperan dalam kegiatan belajar mengajar matematika, termasuk literasi dalam TIK. Namun, dalam pelaksanaan tentunya tidaklah terlepas dari tantangan yang pasti akan kita temui. Oleh sebab itu agar peranan teknologi informasi dan komunikasi dapat berfungsi secara optimal dan berdampak positif maka diperlukan pendekatan yang sesuai.


References


Latip, A. (n.d). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauhdari Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran (Vol. 1, Issue : 2, hlm, pp. 107-115)

Syarifuddin. (2014). Literasi Teknologi dan Komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi (Vol.17, No.2, hlm. 153-164)

Darmayanthi, N. P. S. E., Putri, N. K. G. S., & Sumandya, I. W. (2022). Inovasi, Dedukasi,Edukasi (IDE) Matematika Landasan Dalam Membangun Bisnis, Emasains Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains,( Vol XI, No.2, hlm. 54-65)

Santoso, A., & Lestari, S.(2019). The Roles of Technology Literacy and Technology Integration to Improve Students’ teaching Competencies. KnE Social Sciences, (Vol. 3, No.11, hlm. 243-256)

Ezzaaine, Z. (2007). Information Technology Literacy: Implication in Teaching and Learning. Educational Technology & Society, (Vol 10, No.3, Hlm, 175-191)

Baran, S. dan Davis, D. (2010). Mass Communication Teory: Foundations, Frement and Future. (Terj. Alfrianto Daud dan Putri). Jakarta: Salemba Humanika.

Rahman, M. H.,Subyantoro, Yuniawan, T., & Pristiwati, R (2021). Peningkatan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa Secara Daring. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/894

Astini, N.K.S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya(p.1).

Latip, A. (n.d). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauhdari Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran (Vol. 1, Issue : 2, hlm, pp. 107-115)

Fadhillah, S. F., Lestari, I., Fitrah, L., & Ningsih, A. N. S. (2024). Peran Literasi Digital dalam Pembelajaran Matematika Siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI. (Vol.10) https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/7283


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License