PENENTUAN NILAI PERCEPATAN GRAVITASI BUMI PADA BOLA DENGAN MEMANFAATKAN VIDEO BASED LABORATORY (VBL)

Muhammad Fattah H.T, Irnin Agustina Dwi Astuti, Indica Yona Okyranida

Abstract


Penentuan nilai percepatan gravitasi Bumi memiliki relevansi yang besar dalam berbagai bidang ilmu, termasuk fisika. Metode eksperimen untuk mengukur nilai percepatan gravitasi Bumi telah berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, salah satunya adalah penggunaan Video Based Laboratory (VBL) yang memanfaatkan software Tracker dan aplikasi Phyphox. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai percepatan gravitasi Bumi pada bola dengan memanfaatkan Video Based Laboratory (VBL) sebagai metode eksperimen. Dengan hasil percepatan gravitasi sebesar (9,48 ± 0,09) m/s2 menggunakan software Tracker dan (9,96 ± 0,10) m/s2menggunakan aplikasi Phyphox, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode eksperimen dan teknologi dalam pembelajaran fisika. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memperkaya pemahaman tentang percepatan gravitasi dalam konteks gerak jatuh bebas serta memberikan wawasan baru dalam penerapan teknologi dalam eksperimen fisika.


References


Aprilia, M., Lubis, P. H., & Lia, L. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Peserta didik SMA Berbantuan Software Tracker pada Materi GHS. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6.

Astuti, I. A. D. (2016). Pengembangan alat eksperimen penentuan percepatan gravitasi bumi berdasarkan teori bidang miring berbasis microcomputer based laboratoy (mbl). Faktor Exacta, 9(2), 114-118.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Bhakti, Y. B. (2018). Penggunaan video based laboratory (VBL) dalam menentukan nilai modulus elastisitas penggaris aluminium. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 91-96.

Nggolaon, D., & Silahooy, S. (2023). Analisis Percepatan Gravitasi Pada Gerak Jatuh Bebas Menggunakan Aplikasi Video Tracker. PHYSIKOS Journal of Physics and Physics Education, 2(2), 79-86.

Febriana, A. E., & Nada, A. Q. (2021). Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Jurnal Kependidikan Betara, 2(1), 43-50.

Sugiana, I. N., Harjon, A., Sahidu, H. & Gunawan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Visual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2 (2): 61-65.

Rosidah, C., & Febriyanti, E. (2014). Penggunaan Video Based Laboratory (VBL) dalam Pembelajaran Fisika Untuk Mengetahui Pengaruh Hasil Belajar Kelas X SMA.

Staacks, S., Hütz, S., Heinke, H., & Stampfer, C. (2018). Advanced tools for smartphone-based experiments: Phyphox. Physics education, 53(4), 045009.

Tipler, P. A. (1998). Fisika Untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga.

Widyastuti, R. (2014). Peningkatan Sikap Ilmiah Dalam Menerapkan Konsep Sifat-Sifat Cahaya Melalui Pendekatan Scientific Berbasis Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 03 Popongan Karanganyar Tahun Ajaran 2013/ 2014.

Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Implementasi pembelajaran fisika berbasis laboratorium virtual terhadap keterampilan proses sains dan persepsi mahasiswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 18-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License