Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pemanfaatan Virtual Laboratory Berbasis STEM di MTS N 8 Majalengka
Abstract
Pelatihan pemanfaatan Virtual Laboratory (ViLab) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang bertujuan meningkatkan kemampuan guru di MTsN 8 Majalengka yang melibatkan 43 guru telah dilaksanakan dan dilakukan evaluasi dengan kuesioner menunjukkan peningkatan rata-rata skor pretest (60) menjadi posttest (81) dengan peningktan sebesar 35%. Selain itu sebanyak 83.7% guru mencapai kategori "Baik" dan "Sangat Baik," menunjukkan keberhasilan pelatihan, meskipun 16.3% guru membutuhkan pendampingan lebih lanjut. Pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan VirtLab berbasis STEM, dengan rekomendasi pengembangan program pelatihan berkelanjutan untuk mendukung kualitas pembelajaran di masa depan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abramov, V et al. (2016). Virtual biotechnological lab development. Bionano Science, 7 (2), 363-365.
Bybee, R. W. (2013). The Case for STEM Education: Challenges and Opportunities. NSTA Press.
Dewi, A. S., Purwanti, Y., & Widiansyah, R. (2020). "Efektivitas Virtual Laboratory dalam Mendukung Pembelajaran STEM di Sekolah Menengah." Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 150-161.
Efendi, N, M. (2018). Revolusi pembelajaran berbasis digital (penggunaan animasi digital pada start up sebagai metode pembelajaran siswa belajar aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi, 2 (2).
Fathoni, A et al. (2020). STEM: Inovasi dalam pembelajaran vokasi, 17 (1).
Hake, R. R. (1998). "Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses." American Journal of Physics, 66(1), 64-74.
Margot, K. C., & Kettler, T. (2019). "Teachers’ perception of STEM integration and education: A systematic literature review." International Journal of STEM Education, 6(2), 1-16.
Setiawan, N, C, E et al. (2020). Pengenalan STEM (science, technology, engineering, and mathematics) dan pengembangan pembelajarannya untuk merintis pembelajaran kimia dengan sistem SKS di kota Madiun, 5 (2).
Salsabila, U, dkk. (2020) Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran di tengah pandemic pada siswa sma. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi (JIITUJ),4(2),163-173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Purba,L.S.L.(2019).Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika1. JDP,12 (1),29–39.
Wityastuti, E, Z, et al. (2022). Implementasi penggunaan media pembelajaran digital di masa pandemi covid-19. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 2 (1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |