Pemanfaatan Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Sebagai Sarana Pembelajaran IPA Terpadu
Abstract
Pembelajaran adalah usaha sadar yang dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan pengetahuannya, yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Proses belajar tidak hanya memperkaya pengetahuan tetapi juga mempengaruhi perubahan tingkah laku, pemahaman, sikap, dan keterampilan siswa. Untuk memaksimalkan hasil belajar, diperlukan sarana pembelajaran yang memadai, salah satunya adalah museum. Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan salah satu sarana edukasi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Museum ini menyediakan berbagai koleksi dan alat peraga interaktif yang membantu siswa memahami konsep-konsep IPA, khususnya yang terkait dengan listrik dan energi terbarukan. Dengan mengunjungi MLEB, siswa dapat belajar secara kontekstual melalui interaksi langsung dengan objek nyata, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat MLEB sebagai sarana pembelajaran IPA Terpadu, menggunakan metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MLEB efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA, menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan, serta menyediakan wawasan yang tidak dapat diperoleh di kelas. Oleh karena itu, museum ini sangat direkomendasikan sebagai sumber belajar yang mendukung pendidikan IPA di Indonesia.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azhar, M. H. (2017). Desain Interior Museum Kelistrikan PLTU Tanjung Jati B Jepara Sebagai Destinasi Wisata Edukasi Modern (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
Damayanti, I. (2014). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA sekolah dasar (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Handayani, T. W. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di SD. Edutainment, 6(2), 130-153.
Hartati, U. (2016). Museum Lampung sebagai media pembelajaran sejarah. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(1), 1-10.
Ikhsan, K. N. (2022). Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 119-127.
Indrawati, E. S., & Nurpatri, Y. (2022). Problematika pembelajaran ipa terpadu (kendala guru dalam pengajaran ipa terpadu). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 226-234.
Kiswantoro, A., & Damiasih, D. (2018). Persepsi Kualitas Pelayanan Museum Sebagai Sarana Edukasi Masyarakat (Studi Kasus: Museum Gunung Api Merapi Yogyakarta). Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 12(2), 57-70.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (n.d.). Museum Listrik dan Energi Baru. Museum Indonesia. https://museum.kemdikbud.go.id/museum/profile/museum+listrik+dan+energi+baru
Permatadinata, P., & Nugroho, D. A. (2021, November). Measuring Effectiveness of Bring Program to Online: Case Study of Museum Listrik dan Energi Baru Programs during Covid-19 Outbreak. In International University Symposium on Humanities and Arts 2020 (INUSHARTS 2020) (pp. 229-235). Atlantis Press.
Prasetyo, A. K., Mustika, I., Shanti, M. R. S., & Trihandaru, S. (2014). Perancangan Alat Pembelajaran Listrik Statis Menggunakan Generator Van De Graff Sederhana.
Prasetyo, D., Manik, T. S., & Riyanti, D. (2021). Pemanfaatan museum sebagai objek wisata edukasi. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 15(1), 1-11.
Sinaga, O. (2021). Pemanfaatan Museum Negeri Sumatera Utara Sebagai Sumber Belajar Sejarah Tingkat SMA. Education & Learning, 1(1), 35-38.
Taman Mini Indonesia Indah. (n.d.). Museum Listrik dan Energi Baru. Taman Mini Indonesia Indah. https://tamanmini.com/taman_jelajah_indonesia/museum/museum-listrik-dan-energi-baru/
Purwanto. (2002). Ilmu Pendidikan Praktis dan Teoritis. Rosdakarya. Bandung.
Zuliyanto, A., & Asy'ari, S. T. (2017). Desain Sistem Teknologi Tesla Coil Untuk Beban Lampu (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |