Analisis Proyek Pembuatan Sabun pada Pembelajaran Kimia Dasar
Abstract
Pembelajaran berbasis proyek bisa membuat pembelajaran lebih bermakna dan berkesan. Adanya proyek bisa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan baru bagi mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali makna dan pengalaman mendalam serta mengetahui respon mahasiswa terhadap proyek membuat sabun pada pembelajaran Kimia Dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan sampel penelitian mahasiswa pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah Kimia Dasar. Mahasiswa merespon baik proyek membuat sabun, mahasiswa jadi termotivasi untuk mencari banyak sumber belajar baru, mahasiswa menjadi lebih tertantang untuk berusaha menciptakan sesuatu yang baru, dengan proyek ini juga bisa membangkitkan ide-ide kreatif mahasiswa. Mahasiswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran karena selain membuat proyek sabun, mahasiswa juga bekerjasama dalam membuat konten video sebagai dokumentasi dan laporan hasil proyek.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andari, Melia (2023). Enhancing Critical Thinking Skills Through Project-Based Learning Image-Assisted In Elementary School. WALADA : Journal of Primary Education, 2(1), 1-13.
Bakar, B. A., & Yusof, R. (2022). Project-Based Learning Assisted Augmented Reality In Increasing Students’ Mathematical Understanding Of Concepts. Jurnal Elemen: Program Studi Pendidikan Matematika 9(2), 450–463.
Bell, S. (2020). "Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future." The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93(1), 3-5.
Capraro, R. M., & Capraro, M. M. (2021). "Project-Based Learning in STEM Education: A Review." Journal of STEM Education Research, 2(4), 1-17.
Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications
Desyafryanti & Aini (2024). Meta Analysis: The Effect of Project-based Learning on Students’ Learning Outcomes in Chemistry Learning. Hydrogen : Jurnal Kependidikan Kimia, 12(4), 753-760.
Farida N.A., & Kusuma I.H., (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Pub Media : Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. 1(3), 1-10.
Farrel, I., & Hamed K. (2016). Teaching with soap: Examples Of Project-Based Units For Students And Future Educators. Science Activities Classroom Projects and Curriculum Ideas 53(2):74-86.
Goleman, D. (2018). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam.
Javid, C., & Sadiq, A. (2023). Project-Based Learning as a Catalyst for Engaging Students in Chemistry. Chemistry Education Research and Practice, 24(1), 204-217.
Kurt, S. (2023). Project-Based Learning In Science Education: A Comprehensive Literature Review. Interdisciplinary Journal of Environmental and Science Education 19(3): 11-23.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Putri, D., et al. (2024). Soap Making Project from Waste Cooking Oil for High School Students’ Chemistry Learning: Qualitative Content Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 10(6):3147-3154.
Riaz M. & Din M., (2023). Collaboration as 21st Century Learning Skill at Undergraduate Level. Sir Syed Journal of Education & Social Research (SJESR) 6(1):93-99.
Robinson, K. (2017). Creative Schools: The Grassroots Revolution That’s Transforming Education. Penguin Publishing.
Thomas, J. W. (2019). "A Review of Research on Project-Based Learning." The Buck Institute for Education.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |