Analisis Potensi Taman Mini Indonesia Indah Sebagai Sumber Belajar Berbasis Kunjungan Wisata
Abstract
TMII (Taman Mini Indonesia Indah) merupakan objek wisata dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran dalam lingkupan formal, baik dari berbagai jenjang dan disiplin ilmu, salah satunya adalah IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). TMII menyediakan wahana rekreasi dan edukasi di lingkup sains, seperti berbagai wahana teknologi serta keberagaman dan keindahan sumber daya alam yang ada di Indonesia, baik flora maupun fauna. TMII dimanfaatkan sebagai sumber belajar untuk menciptakan interaksi langsung antara pelajar dengan objek belajar yang dipelajari, sehingga mereka tidak harus selalu belajar di kelas. Fokus penelitian ini untuk menganalisis potensi TMII sebagai sumber belajar berbasis kunjungan wisata. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Taman Mini Indonesia Indah. Penelitian ini berfokus pada peranan IPA yang berada di objek wisata TMII, yaitu Museum PP-IPTEK, Museum Listrik dan Energi Baru, dan Museum Dunia Air Tawar. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa PP-IPTEK dan MLEB berpotensi sebagai sumber belajar. Pengunjung bisa mencoba langsung alat peraga yang ada di museum tersebut sebagai sarana praktikum. Selain itu Museum Dunia Air Tawar juga berpotensi menjadi sarana belajar IPA khususnya biologi, mengenai ekosistem serta melihat keanekaragaman biota laut air tawar dengan suasana wahana yang sejuk dan menyenangkan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Rosda.
Dwipayana, G., Ramadhan, KH (1982). Soeharto: Pikiran, Ucapan dan Tindakan Saya. Jakarta: PT Citra Kharisma Bunda Jakarta.
Istiqamah, N. Y., Almira, D. V., Laily., & Mahardika. (2022). Manfaat Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMPN 4 Jember Kelas VIII D. Jurnal Imliah Wahana Pendidikan. 8 (24): 387.
Iswidyamarsha, C. & Deantara, YF. (2020) Pengaruh Fasilitas Wisata dan Promosi terhadap Minat Berkunjung di Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga TMII. Jurnal Pariwisata. 3(2): 73.
Kemensetneg. (2021) Mulai 1 April 2021, Aset Milik Negara Tmii dikelola kemensetneg, Kementrian Sekretariat Negara RI. Dibaca di: https://setneg.go.id/baca/index/mulai_1_april_2021_aset_milik_negara_tmii_dikelola_kemensetneg (pada: 10 August 2024).
Listiawan, T. (2016). Pengembangan Learning Management System (LMS) Di Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI T ulungagung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Informatika. 1(1): 14-22.
Maranay, R. A. R., Pattiasina, R. J., Anam, A. K., L, K. K., Suprima, Tarina, D. D. Y., Manalu, R. (2023). Studi Kasus Peningkatan Peran Kebudayaan Dalam Pembangunan Manusia Di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Journal Of Social Science Research. 3(6): 4550-4559.
Nanprahara, EK. & Siswani, S. (2018). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung di Dunia Air Tawar TMII. Jurnal Administrasi dan Manajemen. 11(1): 724.
Pambudi, A. S., Masteriarsa, M. F., Wibowo, A. D. C., Amaliyah, I., & Ardana, A. K. (2020). Strategi pemulihan ekonomi sektor pariwisata pasca Covid-19. Majalah Media Perencana, 1(1), 1-21.
Pratiwi, E. M., Gunawan, & Ermina, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(2): 385.
Riefani, MK., Isrianti, F. & Rahman, M. (2016). Indentifikasi Potensi Wahana di Jawa Timur Park Sebagai Sumber Belajar SMA Mata Pelajaran Biologi. Seminar Nasional Pendidikan IPA. ISBN 978-602-60213-0-4.
Rosyadi, A. A. P. (2018). Statistika Pendidkan (Vol. 1). UMM Press.
Suryawan, A., Binadja, A., & Sulistyorini, S. (2015). Pengembangan Instrumen Performance Assessment Praktikum Bervisi Sets Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Info Artikel. JPE, 4(1).
Tampubolon, F. G., Sowakil, J., Delen, K., & Jorgi, T. (2023). Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Pada Pasca Pandemi Covid-19 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(10), 250-259.
Tim Pusat Data dan Analisa Tempo (2022). Keramaian dalam Proses Pembangunan Taman Mini Indonesia Indah (Ipusnas). Tempo Publishing.
Tim Pusat Data dan Analisa Tempo (2019). Taman Mini Indonesia (Indah) dan Polemik Jilid 2 (Ipusnas). Tempo Publishing.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |