Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa melalui Implementasi Model PACE dengan Teknik Immediate Feedback
Abstract
Kemampuan representasi matematis siswa SD belum sepenuhnya optimal. Hal ini dikarenakan, mereka mengalami kesulitan dalam menyatakan ide atau gagasan matematika ke dalam berbagai cara untuk menyelesaikan masalah matematika. Untuk mengatasi hal tersebut, akan diimplementasikan suatu pembelajaran inovatif berupa Model PACE dengan Teknik Immediate Feedback. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui implementasi Model PACE dengan Teknik Immediate Feedback. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa kuasi eksperimen menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri di Kabupaten Sukabumi sedangkan sampelnya adalah siswa kelas 5 dari 2 SD Negeri di Kabupaten Sukabumi melalui teknik multi stage sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen utama yaitu tes kemampuan representasi matematis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji beda 2 rerata. Adapun hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model PACE dengan Teknik Immediate Feedback lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui implementasi Model PACE dengan Teknik Immediate Feedback.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al Fathonah, M., dkk. (2023). Analisis kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa di Kelas 5. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 2 (4): 215-229.
Darozatun, D., dkk. (2021). Meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 105-114.
Diasa, P. E., dkk. (2020). Analisis kemampuan representasi siswa SD pada materi skala. Jurnal THEOREMS, 5 (2): 178-188.
Koyimah, R.N. & R.N. Yuliandari. (2020). Kemampuan representasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Proceeding International Conference on Islamic Education. Diselenggarakan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 12 November 2020 (hal 224-230).
Lestari, P. L., dkk. (2023). Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik sekolah dasar ditinjau dari resiliensi matematis. Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI), 9 (4): 160-164.
Safriadi (2017). Prosedur pelaksanaan strategi pembelajaran ekspositori. Jurnal Mudarrisuna, 7(1), 47-65.
Suryana, A. (2016). Meningkatkan advanced mathematical thinking dan self-renewal capacity mahasiswa melalui pembelajaran model PACE. Disertasi. Bandung: UPI.
Suryana, A., Wulandari, A. & Ikhwati, A. (2021). Analisis implementasi project based learning dengan teknik immediate feedback pada materi rantai Markov. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika (DPNPM). Diselenggarakan oleh UNINDRA, 4 September 2021 (hal. 135- 144).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |