Pandangan Baru Dunia Pendidikan dalam Meningkatkan Kompetensi Ilmiah melalui Literasi Sains

Farah Indrawati

Abstract


Penelitian yang dilatar-belakangi oleh pentingnya integrasi antara metode, teknologi, dan budaya dalam suatu pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana caranya meningkatkan kompetensi ilmiah melalui literasi sains dalam menghadapi tantangan zaman di dunia yang terus berkembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menganalisis berbagai dokumen terkait pandangan dunia pendidikan, kompetensi ilmiah, dan literasi sains. Hasil dari penelitian diketahui bahwa pandangan baru dunia pendidikan menekankan pentingnya integrasi antara kolaborasi dari teknologi, pendekatan, dan metode pembelajaran yang inovatif, evaluasi yang sesuai, serta keterlibatan pendidik dan peserta didik. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan ini adalah peningkatan kompetensi ilmiah melalui literasi sains menurut pandangan baru dunia pendidikan dapat dilakukan dengan cara memfasilitasi integrasi kolaborasi antara pemanfaatan teknologi, pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran berbasis proyek, keterlibatan aktif pendidik dan peserta didik, serta pelatihan yang dapat meningkatkan dukungan para pendidik. Hal tersebut dibutuhkan dalam menciptakan individu yang mampu memahami konsep ilmiah dan selanjutnya mampu menerapkannya dalam kehidupan keseharian.


References


Adminlp2m. (2022). Penelitian Sekunder : Pengertian, Metode, serta Contohnya. LP2M Universitas Medan Area. https://lp2m.uma.ac.id/2022/01/06/penelitian-sekunder-pengertian-metode-serta-contohnya/

Ambarwati, D., dkk. (2021). Studi Literatur : Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8 (2), 173-184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560

Amelia, M., dkk. (2023) Deskripsi Kemampuan Literasi Sains Aspek Kompetensi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3 (2), 80-84. https://journal.almeeraeducation.id/jpdp/article/download/328/124

Ariandini, n., dan Andi Hidayati. (2023). Pembelajaran Adaptif dalam Kurikulum Merdeka: Integrasi Teori Behaviouristik, Kognitif, dan Konstruktivis dalam Teknologi Pendidikan. Jurnal Kependidikan Media, 12 (3), 158-164. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/media/article/viewFile/13351/6623

Atika, AR., dkk. (2019). Pelatihan Literasi Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7 (3), 266-271. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD

Firdaus, MF. (2023). Tantangan dan Harapan Pendidikan Indonesia untuk Masa Depan. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/muhammadfikrifirdaus8104/64dbae36633ebc06934c1862/tantangan-dan-harapan-pendidikan-indonesia-untuk-masa-depan?page=1&page_images=1

Layla, J. (2024). Mewujudkan Implementasi Pendidikan yang Memerdekakan Peserta Didik di Indonesia. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4 (5), 3422-3431.

Limiansih, K., dkk. (2024). Persepsi Guru SMP terhadap Literasi Sains dan Implikasinya pada Pembelajaran Sains di Sekolah. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 786-796. http://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/index

Mujay. (2023). Pendidikan Indonesia: Antara Harapan dan Kenyataan. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/masmujay8312/64ec3c2918333e3d9d256f62/pendidikan-indonesia-antara-harapan-dan-kenyataan?page=1&page_images=1

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Wacana XIII (2). https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/viewFile/143/88

Nurlaili, dkk. (2023) Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V SDN 1 Surakarta pada Pembelajaran IPA materi perpindahan Kalor. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8 (3), 1690-1698. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1554

Permatasari, N. (2022). Identifikasi Kompetensi Literasi Sains Peserta Didik pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 43 Rejang Lebong. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6 (1), 23-46. https://ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika/article/view/799

Pertiwi, TP., dkk. (2024). Strategi Pengembangan Kompetensi Dosen untuk Menanggapi Tantangan Pendidikan Abad ke-21. Jurnal Review pendidikan dan Pengajaran, 7 (1) 2586-2596.

Situmorang, RP. (2016). Integrasi Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran Sains. Satya Widya, 32 (1), 49-56. https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/download/630/423/1595

Syafi’i, I., dan Laily Rosidah. (2022). Model Pengembangan Kurikulum Adaptif pada Sekolah Inklusif. Jurnal Penelitian medan Agama, 13 (2), 67-72.

ZZA Thaariq, dan Ummul Karima. (2023). Menelisik Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 : Sebuah Renungan dan Inspirasi. Fondasia, 14 (2), 20-36. http://journal.uny.ac.id/index.php/foundasia/index


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License