Penerapan Culturally Responsive Teaching dengan Budaya Betawi pada Pembelajaran Fisika
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Andini, D. R., & Sirozi, M. (2024). Integrasi Kearifan Lokal dalam Perencanaan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(3), 465–471. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i3.566
Astuti, I. A. D., & Bhakti, Y. B. (2022). Kajian Etnofisika Pada Tari Lilin Sebagai Media Pembelajaran Fisika. PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 6(1), 28–32. https://doi.org/10.30743/pascal.v6i1.5667
Berns, R. M., & Erickson, P. M. (2020). Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for the New Economy. Pearson.
Gay, G. (2018). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice. Teachers College Press.
Hammond, Z. (2015). Culturally Responsive Teaching and The Brain. Corwin Press.
Handayani, L., Haryono, S., Nugroho, S. E., & Wiyanto, T. R. R. (2016). KARYA SENI UNTUK ANALOGI KONSEP SAINS: SEBUAH KAJIAN. Seminar Antarbangsa, 1083–1091.
Mahir, M., Martawijaya, M. A., & Haris, A. (2024). PKM penyelidikan fisika ilmiah terintegrasi kearifan lokal A’Bulo Sibatang bagi peserta didik dalam bentuk kegiatan kokurikuler. Jurnal Hasil Inovasi Masyarakat, 2(2), 84–91. https://doi.org/10.70310/97m0hk96
Masfiastutik, S., Roosyanti, A., & Susanti, R. (2024). Penerapan Pendekatan CRT pada Materi Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD. Journal of Science and Education Research, 3(2), 72–80. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.134
Musdalifah, N. (2014). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis REACT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(2), 55. https://doi.org/10.22487/j25805924.2013.v1.i2.2396
Putri, D. S. I. (2020). Skripsi: Pengembangan Modul STEM Terintegrasi Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Gelombang Bunyi SMA Kelas XI [UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54893
Sari, A., Sari, Y. A., & Namira, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching (Crt) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ipa 2 Sma Negeri 7 Mataram Pada Mata Pelajaran Kimia Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 1(2), 110–118. https://doi.org/10.61924/jasmin.v1i2.18
Solissa, E. M., Hayati, A. A., Rukhmana, T., Muharam, S., Mardikawati, B., & Irmawati, I. (2024). Mengembangkan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Menuju Society 5.0. Journal on Education, 6(2), 11327–11333. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4928
Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958
Ulfa, J. (2024). Skripsi: Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi [UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/77085
Wafiqni, N., & Nurani, S. (2019). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 255–270. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
![]() Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |