Peningkatan Keterampilan Speaking Bahasa Inggris Melalui Metode Role Playing Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Pondok Jaya

Neli Suarti, Muhammad Sulhan, Winda Yulianti

Abstract


Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pondok Jaya tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data mengunakan lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes unjuk kerja speaking. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan Role Playing dapat meningkatkan keterampilan speaking Bahasa Inggris pada siswa kelas V SD Negeri Pondok Jaya. Peningkatan dibuktikan dengan hasil skor rata-rata pre test sebesar 53,23 (kategori kurang); siklus I sebesar 64,69 (kategori cukup); siklus II sebesar 75 (kategori baik). Selain hasil tersebut, siswa juga menjadi lebih lancar dalam berbicara menggunakan kosa kata Bahasa Inggris di depan siswa lain

Full Text:

PDF

References


Benabadji, S. (2017). The role of role play in improving English language skills. International Journal of Language Studies, 10(2), 42-55.

Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. Longman.

Celce-Murcia, M., Brinton, D., & Godwin, J. (2018). Teaching pronunciation: A course book and reference guide (2nd ed.). Cambridge University Press.

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. Pearson Longman.

Harmer, J. (2011). The practice of English language teaching (4th ed.). Pearson Education.

Heldenbrand, D. (2013). Teaching English through role play. Modern Language Journal, 67(1), 28-35.

Nunan, D. (2003). Practical English Language Teaching. McGraw-Hill.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge University Press.

Sarpina. (2023). Penerapan Strategi Pengamatan Objek dalam Pembelajaran Speaking. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris.

Thornbury, S. (2005). How to Teach Speaking. Pearson Longman.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License