Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Melalui Aplikasi Pintar Bahasa Inggris di Kelas VII SMP Negeri 1 Nabire Barat

Nursila Nursila, Asti Ramadhani Endah Lestari, Harsuni Winarti

Abstract


Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Melalui Aplikasi Pintar Bahasa Inggris di Kelas VII SMP Negeri 1 Nabire Barat.PTK. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menguasai kosakata bahasa Inggris. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata siswa melalui aplikasi Pintar Bahasa Inggris di kelas VII SMP Negeri 1 Nabire Barat. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kosakata siswa kelas VII B di SMP Negeri 1 Nabire Barat yang ditunjukkan dari nilai siswa sebelum diperkenalkan aplikasi Pintar Bahasa Inggris atau pretest sangat rendah; dari 28 siswa diperoleh nilai 50,3 saja. Setelah dilakukannya tindakan menggunakan aplikasi Pintar Bahasa Inggris terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 63,3. Sehingga, dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil karena terjadi peningkatan penguasaan kosakata siswa, dimana kriteria kefektifan berada pada tingkat sedang.

Full Text:

PDF

References


Anderson, T. (2008). The Theory and Practice of Online Learning. Athabasca University Press.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Longmans.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The "what" and "why" of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. Pearson Longman.

Kuhlthau, C. C. (2010). Seeking Meaning: A Process Approach to Library and Information Services. Libraries Unlimited.

Nation, I. S. P. (2001). Learning Vocabulary in Another Language. Cambridge University Press.

Schmitt, N. (2000). Vocabulary in Language Teaching. Cambridge Language Teaching Library. Cambridge University Press.

Suhendi, A. (2018). The use of digital media in language learning: A review of the literature. Journal of Language Teaching and Research, 9(1), 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License