Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Terkait Orang, Hewan, dan Benda menggunakan Model Group Investigasi Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kamu

Yantho Paulsema, Ira Miranti, Hapsari Ayuningtyas

Abstract


Peningkatkan Keterampilan menulis teks deskriptif pada siswa Kelas VII di SMPN 1 Kamu melalui Model Grup Investigasi. Beberapa kesimpulan dari hasil penelitian tindakan kelas (PTK) ini, dengan melihat rumusan masalah, hasil penelitian, dan pembahasan yang telah dilakukan pada bab IV maka yang dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. 1) Upaya meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris menyusun teks interaksi transaksional tulis teks deskripsi pada kelas VII SMPN 1 Kamuu semester ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 dilakukan dengan langkah-langkah mengelompokkan siswa dalam kelompok yang heterogen (grouping), merencanakan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa (Planning), melakukan pertukaran informasi (Investigation), merencanakan penyajian hasil kerja kelompok (Organizing), melakukan penyajian ke depan kelas (Presenting) dan pelaksanaan evaluasi. 2) Penerapan pembelajaran kooperatif melalui grup investigasi dapat meningkatkan keterampilan menulis pada kelas VII SMPN 1 Kamuu semester ganjil. Hal ini ditunjukan dengan adanya kenaikan rekapitulasi keterampilan Bahasa Inggris menyusun teks tulis interaksi transaksional terkait deskriptif teks. Dimana tiap rekapitulasi hasil tes tiap siklus menyusun teks tulis interaksi transaksional teks deskriptif dalam Bahasa Inggris diperoleh nilai rata-rata pada siklus I adalah 70 dalam katagori Kurang, dengan ketuntasan siswa 78%. Nilai rata-rata pada siklus II adalah 84,04 dalam katagori Baik, dengan ketuntasan siswa 99 % dan penelitian berhasil

Full Text:

PDF

References


Anderson, M., & Anderson, K. (1997). Text Types in English 1. Macmillan Education Australia.

Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. Longman.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Harmer, J. (2004). How to Teach Writing. Pearson Education Limited.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Learning Together and Alone: Cooperative, Competitive, and Individualistic Learning. Allyn & Bacon.

Nunan, D. (2003). Practical English Language Teaching. McGraw-Hill.

Schön, D. A. (1983). The Reflective Practitioner: How Professionals Think in Action. Basic Books.

Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Allyn & Bacon.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License