Profil Pengajaran Guru dalam Kaitannya terhadap Motivasi dan Keterlibatan Peserta Didik Kelas XI melalui Model Problem-Based Learning dengan Metode Diskusi-Presentasi dan Direct Instruction
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aeni, N., Arif, R.N.H. & Nuraeni. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Youtube untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII D di SMP Negeri 22 Makassar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 503-510.
Aisyah, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Hulu Sungai Utara. Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 3(4), 313-324.
Andriani, R. & Rasto. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86.
Arianti. (2018). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.
Bariyah, I. & Pierewan, A.C. (2017). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 1-8.
Cahyani, V.P. & Ahmad, F. (2024). Efektivitas Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil belajar dan Motivasi Siswa. VENN: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(2), 76-82.
Candrawati, Ed. (2020). Penerapan Model Direct Intruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 140-146.
Fauziah, L., Junarti, & Zuhriah, F. (2023). Membangun Kemandirian Belajar Siswa melalui Metode Kolaborasi Diskusi-Presentasi pada Mapel PPKn. SEROJA: Jurnal Pendidikan, 2(3), 86-97.
Hadi, M.S. & Metroyadi. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa, Menggunakan Kombinasi Model PBL, Discovery Learning dan Talking Stick. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 1(3), 866-875.
Halawa, N.N. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 1 Huruna. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7011-7015.
Hernawati, D. & Amin, M. (2017). Analisis Self Efficacy Mahasiswa melalui Kemampuan Presentasi di Kelas. Education and Human Development Journal, 2(1), 26-33.
Kamaruddin, I., Sari, M. N., Abdurrahman, A., Istiqomah, I., Herman, H., & Andriani, N. (2024). Evaluasi Kinerja Guru: Model dan Metode dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(2), 11349–11358.
Masgumelar, N. K. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1).
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage publications.
Muhibbin & Hidayatullah, M.A. (2020). Implemntasi Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky pada Mata Pelajaran PAI di SMA Sains Qur`An Yogyakata. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Muliana, Syahrul, M., & Adminira, Z. (2024). Literature Review: Dampak Model Pembelajaran Langsung dalam Pembelajaran Biologi. BioTeach: Biology Science and Biology Education Journal, 1(1), 31-37.
Nilawati. (2022). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Materi Dampak Pencemaran Bagi Kehidupan Melalui Model Direct Instruction Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VII-B MTS Negeri 2 Pidie Jaya. Journal Educational Research and Social Studies, 3(4), 150-157.
Nurdinah, S. (2024). Langkah-langkah Partisipasi Guru Dalam Pendekatan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(8), 8581-8598.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 289-302.
Rahmandani, F., Hamzah, M.R., Handayani, T., & Fatimah, S. (2024). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Keaktifan dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 2 Batu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1016-1027.
Rianto, N., Asri, Z., Zalnur, M., Reflianto, & Afnita, N. (2024). Implementasi Diskusi dan Presentasi untuk Meningkatkan Self-Confidence Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan BP. IKHTISAR: Jurnal Pengetahuan Islam, 4(2), 725-742.
Ridwan, A., & Mustofa, T. (2023). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Plawad 04. Ansiru PAI, 7(2), 276–283.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40-48.
Sa’adah, U. & Ariati, J. 2018. Hubungan antara Student Engagement (Keterlibatan Siswa) dengan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Empati, 7(1), 69-75.
Sadikin, A., Sukmono, T., Sanjaya, M.E., & Natalia, D. (2019). Peningkatan Pembelajaran Biologi melalui Contoh-Contoh Kontekstual bagi Guru-Guru MGMP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 107-120.
Salsabila, Y.R. & Muqowim. (2024). Korelasi antara Teori Belajar Konstruktivisme Lev Vygotsky dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 813-827.
Sudarmanto, E., Mayratih, S., Leon, A.K., Abdillah, A., Martriwati, Siregar, T., Noer, R.M., Kailani, A., Nanda, I., Nugroho, A.G., Sholihah, M., Rusli, M., Yudaningsih, N., & Firmansyah, H. (2021). Model Pembelajaran Era Society 5.0. Cirebon: Insania.
Sugianto, R. (2023). Penerapan Video YouTube “Pak Rahmad” sebagai Sumber Belajar Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 1–5.
Suratno, Kamid, & Sinabang, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 127-139.
Syachtiyani, W.R. & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101.
Ulfa, M. & Saifuddin. (2018). Terampil Memilih dan Menggunakan Metode Pembelajaran. SUHUF, 30(1), 35-56.
Viandivon, Y. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik SMKS Bina Maritim Maumere melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-10.
Wardani, D.A.W. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi dan Pengembangan Skill Siswa. Jurnal Penelitian dan Penjaminan Mutu, 4(1), 1-17.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
![]() Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |