Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

Neneng Novianti, Efri Gresinta, Ida Nurul Kifayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan terhadap siswa kelas X SMK Islam Terpadu Ar-Risalah Cariu selama dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, serta analisis aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Pada pra-siklus, hanya 43% siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 64,6. Setelah diterapkan model NHT, ketuntasan belajar meningkat menjadi 73% pada siklus I dengan rata-rata nilai 76,3, dan pada siklus II mencapai 83% dengan rata-rata nilai 81,6. Selain itu, terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, di mana partisipasi aktif siswa meningkat dari 66,37% pada siklus I menjadi 79,58% pada siklus II. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. Oleh karena itu, disarankan agar model ini diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. McGraw-Hill.

Dadri, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.3(2) :85-93.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2016). Educational Psychology: Windows on Classrooms. Pearson.

Gillies, R. M. (2017). Cooperative Learning: Integrating Theory and Practice. SAGE.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Holubec, E. J. (2014). Cooperative Learning in the Classroom. Interaction Book Company.

Kagan, S. (1992). Cooperative Learning. Kagan Publishing.

Nurdiyanto, Hendra Eka, dkk. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Pendekatan Spices Continuing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPAS. 2(2) : 58-65.

Siregar, Faridah Anum. (2012). Pengaruh Model Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(1) : 33-38.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Allyn & Bacon.

Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson.

Solekhah, Eliswatus. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 15 Palu Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Bentuk Aljabar. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 2(3). 250-260.

Wardani, Chellyana Kusuma. 2015. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2) : 89-96.

Yuliani, Lusia Retno, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education.7(2) : 209-215.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License