Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Ecopreneurship Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Mata Pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial) Kelas 10 Di SMK Putra Pakuan Bogor
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran berbasis ecopreneurship guna meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) kelas X di SMK Putra Pakuan Bogor. Media pembelajaran berbasis ecopreneurship memanfaatkan barang bekas sebagai alat bantu pembelajaran yang mendukung prinsip reduce, reuse, dan recycle. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, praktik pembuatan produk, dan refleksi kegiatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media berbasis ecopreneurship meningkatkan kreativitas siswa sebesar 80% di kelas X. Siswa lebih aktif, inovatif, dan terampil dalam menciptakan karya dari barang bekas yang relevan dengan materi pembelajaran IPAS, seperti ekosistem, zat dan perubahan, serta limbah. Dampak positif lain adalah meningkatnya minat belajar dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
Namun, terdapat kendala berupa keterbatasan sarana pendukung di sekolah dan biaya tambahan untuk bahan pendukung media pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan agar guru lebih inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran, peserta didik lebih aktif dalam berpikir kreatif, dan sekolah memberikan dukungan berupa fasilitas yang memadai untuk implementasi media pembelajaran berbasis ecopreneurship.
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. (2008). Learning to teach (8th ed.). McGraw-Hill.
Asyhar, R. (2012). Media pembelajaran (ed. 2). RajaGrafindo Persada.
Dewi, R. K. (2015). Pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan (Vol. 1). UMM Press.
Gerlach, V. S., & Ely, D. P. (2002). Teaching and media: A systematic approach to education (7th ed.). Prentice Hall.
Irmawati, E. (2012). Green lifestyle: Gaya hidup ramah lingkungan. Cerdas Sejahtera Press.
Munandar, U. (2009). Kreativitas dan inovasi dalam pendidikan (ed. 2). RajaGrafindo Persada.
Sadirman, A. M. (1986). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali Pers.
Setiawan, C. R. (2009). Kreativitas dalam pengajaran. Penerbit Andi.
Sukmadinata, N. S. (2011). Pengembangan kurikulum pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Widayatun, D. (2009). Meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Penerbit Pendidikan.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2000). Participatory action research. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), Handbook of qualitative research (2nd ed., pp. 567-606). Sage Publications.
Mills, G. E. (2007). Action research: A guide for the teacher researcher (3rd ed.). Pearson.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
![]() Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |