Penggunaan Alat Peraga Fisika Berbasis Internet of Things (IoT) untuk siswa SMP: Analisis Literature Review
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Astuti, I. A. D., Nursetyo, K. I., Hanafi, I., & Susanto, T. T. D. (2023). Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran IPA: Study Literature Review. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 5(1), 34-43.
Astuti, I. A. D., Wibawa, B., & Japar, M. (2024). The Implementation of Case Based Learning in Physics Learning at The Collage: A Systematic Literature Review. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2866, No. 1, p. 012106). IOP Publishing.
Heriyaman, H. (2022). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan Pembelajaran Model Snowball Throwing berbantuan alat peraga pada masa pandemi Covid-19. JESA-Jurnal Edukasi Sebelas April, 6(1), 67-75.
Khoir, Q. (2024). Smart Classrooms: Mengintegrasikan IoT dan AI untuk Pembelajaran yang Lebih Interaktif dan Terukur. Andragogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-10.
Khoiri, N., Huda, C., & Assegaf, H. (2020). Pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan alat peraga konstanta pegas digital untuk meningkatkan keterampilan generik sains. Physics Education Research Journal, 2(2), 131-140.
Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan alat peraga IPA dari barang bekas untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28.
Prasetya, S. R., & Muhroji, M. (2022). Penggunaan Alat Peraga Kotak Sifat Cahaya (Kosifacay) dalam Penguasaan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4848-4854.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Samputri, S., Arif, R. N. H., Arif, R. M., & Muhiddin, S. M. A. (2024). Design Alat Peraga IPA dan Kebermanfaatannya Berdasarkan Hasil Workshop Terhadap Alumni Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA. Vokatek: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 74-77.
Sarumaha, Y. A., Khairiani, D., Khasanah, N. D. M., & Sari, N. (2024). Jari Trigonometri: Alternatif Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-82.
Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224.
Yusuf, M., & Sodik, M. (2023). Penggunaan Teknologi Internet of Things (IoT) dalam Pengelolaan Fasilitas dan Infrastruktur Lembaga Pendidikan Islam. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 1(2), 65-82.
Zaini, N. (2024). Implementasi Internet of Things (IoT) pada Teknologi Pendidikan 5.0: Menghubungkan Peserta Didik dan Lingkungan Pembelajaran. Konferensi Nasional Mitra FISIP, 2(1), 357-362.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
![]() Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |