Analisis Sikap Kepribadian Moral yang Kuat dalam Kumpulan Cerita Fiksi Anak Pada Blog Kelas Merah Jambu

Encil Puspitoningrum

Sari


Sastra menawarkan berbagai bentuk kisah yang merangsang pembaca untuk berbuat sesuatu. Sastra selalu berkaitan dan berbicara tentang kehidupan, tentang mengenai persoalan kehidupan manusia. Sastra memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai kehidupan diantaranya mengenai sikap kepribadian moral. Ajaran  moral dalam karya sastra disampaikan melalui tokoh yang ditampilkan dan pengarang menyampaikan pandangan serta tanggapan yang dianggap amanat. Hal itu dimaksudkan sebagai arahan untuk membentuk budi pekerti, pengetahuan yang baik, serta menanamkan sikap kepribadian moral agar dapat menjadi pegangan hidup. Penelitian ini membahas aspek struktural dan aspek moral. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan teori moral dalam sastra dengan teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan  tema, penokohan, perwatakan, konflik, dan aspek moral dalam “Kumpulan Cerita Fiksi Anak (Cerpen) pada Blog Kelas Merah Jambu Karya Novia Erdwida”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh  (1) deskripsi aspek struktural yang meliputi tema, penokohan, perwatakan, dan konflik. (2) deskripsi aspek sikap kepribadian moral yang kuat meliputi kejujuran, kesediaan untuk bertanggung jawab, kemandirian moral, keberanian moral, dan kerendahan hati.

 

Kata Kunci: Sikap kepribadian moral ; Kumpulan cerita fiksi anak


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminuddin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Satra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak.

Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Teori Metode, dan Teknik Penelitian Sastra : dari Strukturalisme hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Waryanti, Endang et al. “Struktur Cerita Anak Dalam Cerita Rakyat Timun Mas dan Buto Ijo Dalam Saluran Youtube Riri Cerita Anak Interaktif (Kajian Sastra Anak).” : 12–29.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.