Hubungan Media E.Learning dan Media Zoom dalam Pembelajaran Daring bagi Penutur Asing di Jepang

Iis Torisa Utami

Sari


Berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 mengenai Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid19 bahwa pembelajaran dilakukan secara daring. Pemanfaatan aplikasi e.learning dan zoom meeting yang disediakan oleh Universitas Budi Luhur untuk mendukung kegiatan belajar dengan mahasiswa Kanda-Jepang secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penggunaan aplikasi e.learning dan zoom meeting selama masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar bagi penutur asing yang belajar bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif deskriptif, dan pengumpulan data yang digunakan melalui hasil nilai ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh korelasi sebesar 0.58 dengan kriteria cukup kuat, dan nilai fhitung 3.754>Ftabel 3.68 dengan taraf signifikan 0.048<0.05 dapat dinyatakan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel media pembelajaran e.learning (X1) dan media pembelajaran zoom meeting (X2) terhadap hasil belajar (Y). Implikasi dari penelitian ini bahwa media e.learning dan media zoom mempunyai hubungan yang cukup kuat dalam proses pembelajaran online terhadap hasil belajar bagi pemelajar asing, selain itu, ada upaya untuk mempertahankan penggunaan media teknologi informasi salah satunya pada media e.elearning dapat menampilkan video materi pembelajaran sehingga memberikan kemudahan atau dorongan bagi pemelajar asing dalam belajar bahasa Indonesia.

 

Kata Kunci: E.learning; zoom; hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


I Gozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBMSPSS 23 (8 ed.). Semarang: Universitas Diponogoro.

Adris, S. (2020). Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. 3,1, pp. 523-530. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/605

Adzima, K. R. (2022, Februari 9). Pengaruh Penggunaan Media Zoom Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(9). doi:https://doi.org/10.47492/jip.v2i9.1268

Aziz, E. (2021, Februari 18). Badan Bahasa Targetkan 100.000 Pemelajar Baru BIPA pada Tahun 2024. Retrieved from https://badanbahasa.kemdikbud.go.id: https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/berita-detail/3270/badan-bahasa-targetkan-100.000-pemelajar-baru-bipa-pada-tahun-2024

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Lestari, S. P. (2020). Motivasi Belajar SIswa pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140. doi:https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Damopolii, V., N. B., & Resmawan. (2019, Desember 1). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Materi Segiempat. doi:http://dx.doi.org/10.15408/ ajme.v1i1

Daulay, F., Purba, H. I., & Tarigan, M. B. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Platform Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV, 135-142. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/43391/1/Fulltext.pdf

Far-Far, G. (2021, September 1). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. ISTORIA (Jurnal Pendidikan dan Sejarah), 17(1), 1-7. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria

Hudaa, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi SIPEBI untuk Pemelajar BIPA. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(2), 78-85. doi:Prefix 10.26499 by Crossref

Ida, M., & Sae, H. L. (2021, November). Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 01(04). Retrieved from https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/ article/view/60

Kembaren, F. R., H. S., & Putri, J. K. (2021, Maret 1). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Memanfaatkan Teknologi pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Pendidikan (Edumaspul), 5(1), 686-691. doi:https://doi.org/10.33487/ edumaspul.v5i1.2011

Nuraman. (2020). Efektivitas Pengaplikasian Teknologi E.learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Sekolah Pascasarjana, Pendidikan Bahasa Arab. Ciputat-Tangerang Selatan: Universtas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN). doi:https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/57492/1/NURAMAN%20-%20SPs.pdf

Prasetyo, E. A. (2018). Aplikasi Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesi Bagi Penutur Asing) Tingkat Dasar Berbasis Android. J-Intech (Journal of Information and Teknology), 6(2), 229-234. doi:http://doi.org/10.32664/j-intech.v6i02.256

Septriani, H. (2021). Pemanfaatan Media Digital G Suite For Education dalam Pembelajaran BIPA Jarak Jauh di University of Vienna. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(2), 70-77. Retrieved from https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/bipa/article/view/4174/1729

Septriani, H. (2021, Juni 12). Strategi Digitalisasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di WNA, Austria. Prosiding (Seminar Nasional Pembelajaran dan Selasar (Selasar), 125-133. Retrieved from http://jerman.sastra.um.ac.id/selasar/index.php/ prosiding -2021/

Sucipto, T. A. (2022, Januari 13). Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran Dari di Masa Pandemi. Jurnal Sain Nalar, Aplikasi, dan Teknologi Informasi (SNATI), 1(2). Retrieved Januari 13, 2022, from https://journal.uii.ac.id/jurnalsnati/article/view/21312

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafinidawaty. (2020, November 4). Apa itu Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Retrieved from https://raharja.ac.id/: https://raharja.ac.id/2020/11/04/apa-itu-populasi-dan-sampel-dalam-penelitian/#:~:text=Populasi%20adalah%20keseluruhan% 20dari%20subjek,akan%20diteliti%20oleh%20seorang%20peneliti.




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6059

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.