Kesalahan Afiksasi dalam Karangan Teks Eksposisi dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia
Sari
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji secara lebih rinci permasalahan yang akan diteliti dengan mempelajari semaksimal mungkin karya tulis teks eksposisi siswa dan menjelaskan secara rinci akar dari permasalahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode linguistik morfologis. Teknik penelitian yang digunakan adalah observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang melakukan kesalahan penulisan pada afiks prefiks, sufiks, dan konfiks. Simpulan disertai alasan Berdasarkan hasil penelitian Kesalahan Afiksasi Dalam Karangan Teks Eksposisi kelas X Man 15 Jakarta Timur dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia, peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat tiga kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik. Dari tabel dan diagram di atas siswa belum mampu memahami dan menerapkan penulisan Imbuhan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dari tabel persentase di atas dijelaskan bahwa terdapat 95 data kesalahan imbuhan prefiks, 0 imbuhan infiks, 7 imbuhan sufiks dan 1 data kesalahan imbuhan konfiks. Kesalahan penulisan imbuhan masih terjadi pada siswa kelas X MAN 15 JAKARTA. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa masih sering terjadi kesalahan imbuhan prefiks daripada imbuhan yang lainnya. Penjabaran di atas dijelaskan bahwa masih terdapat kesalahan penulisan karena kurangnya pemahaman tentang cara penulisan imbuhan yang baik dan benar.
Keywords: Afiksasi; Kesalahan Karangan Teks Eksposisi; Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Abstract. This study aims to analyze and examine in more detail the problems to be studied by studying as much as possible of students' written exposition texts and explaining in detail the root of the problem. This study uses a morphological linguistic method approach. The research technique used is observation. The results showed that there were still many students who made writing errors in prefix affixes, suffixes, and confixes. Conclusions with reasons Based on the results of the research on Affixation Errors in Exposition Texts for class X Man 15 East Jakarta and its implications for Indonesian language learning, researchers can conclude that there are three mistakes made by students. From the tables and diagrams above, students have not been able to understand and apply good and correct writing of Indonesian language affixes. From the percentage table above, it is explained that there are 95 affixed prefix error data, 0 infix affixes, 7 suffix affixes and 1 confix affix error data. A total of 100% overall and 103 data found. Errors in writing affixes still occur in class X MAN 15 JAKARTA. Based on the data obtained, it shows that there are still more errors in prefix affixes than other affixes. The description above explains that there are still writing errors due to a lack of understanding of how to write good and correct affixes.
Keywords: Affixation; Errors in Exposition Text; Indonesian Language Learning.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dia, I. A. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Daerah Kesulitan Morfologi Dalam Teks Eksplanasi Peserta Didik Kelas VIII Smp Negeri 2 Tanjung Pandan. Upt Perpustakaan. Universitas Pasundan.
Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktik. Bumi Aksara. Jakarta.
Jufrianto. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Metode Karyawisata Siswa Kelas X Sman I Pakue Kabupaten Kolaka Utara. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.
Nisa, K., Sinaga, M., & Charlina. (2019). Kesalahan Berbahasa Pada Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII Smp Babussalam Pekanbaru. Vol. 1 No. 2 Halaman 115 – 117. https://media.neliti.com/media/publications/294759-kesalahan-berbahasa-pada-teks-eksposisi-db94d0a4.pdf.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.
Puspita, T. A. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Afiks Pada Karangan Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Sambi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Septiarini, A. (2017). Analisis Kesalahan Penulisan Afiks Pada Teks Eksposisi Siswa Kelas X Sma Negeri 16 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Universitas Negeri Medan. Medan.
DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6060
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia
Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia
Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB
SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.