Pembuatan Audio Book sebagai Implementasi Project-Based Learning dalam Pembelajaran English Phonology

Saidatun Nafisah, Iwan Budiarso

Sari


Abstrak. Kurikulum Merdeka Belajar bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu pendekatan yang digunakan dalam kurikulum Merdeka Belajar adalah Project-Based Learning (PBL) atau pembelajaran berbasis proyek. PBL merupakan sebuah pendekatan pembelajaran dengan menerapkan tugas nyata yang langsung bisa dirasakan manfaatnya oleh peserta didik maupun orang di sekitarnya. Tujuan penerapan PBL adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah berbasis proyek, memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran, membuat mahasiswa lebih aktif dalam memecahkan masalah proyek yang kompleks dengan hasil produk nyata, mengembangkan dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengelola bahan atau alat untuk menyelesaikan tugas, dan meningkatkan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan PBL dalam kelas bahasa, khususnya pada mata kuliah Phonology.  Pendekatan ini dilakukan dalam pembelajaran English Phonology dalam bentuk pembuatan audio book atau buku dalam bentuk suara. Pembuatan proyek ini didahului dengan membuat sebuah sebuah kajian fonologi oleh mahasiswa yang kemudian dijadikan panduan mereka dalam membuat audio book. Proyek ini memanfaatkan buku-buku digital yang sudah mendapatkan ijin untuk dibuat menjadi audio book. Proyek pembuatan audio book selaras dengan capaian pembelajaran English Phonology. Luaran dari proyek ini memberikan manfaat, yaitu menjadi sebuah portofolio bagi mahasiswa dan menjadi sumber bacaan bagi khalayak umum karena dipublikasikan di YouTube.

Kata Kunci: Project-Based Learning; English Phonology; Audio Book

  

Abstract. The Merdeka Belajar curriculum aims to improve the quality of education in Indonesia. One of the approaches used in the Merdeka Belajar is Project-Based Learning (PBL). PBL is a learning approach applying real tasks that gives benefits to students and those around them. The purpose of implementing PBL is to improve students' ability to solve problems through a learning project, to acquire new knowledge and skills, to make students more active in solving complex problems in real context, to develop and improve student skills in managing materials or tools, to complete assignments, and to enhance collaboration. This study aims to implement PBL in language classes, especially in the English Phonology course. PBL can be implemented in the English Phonology course by making audio books. The process of making audio books is preceded by making a phonological study conducted by students. It is then used as their guide in making audio books. This project utilizes digital books which have got permission from publishers to be made into audio books. It is in line with the learning goals. This outcome of the project gives benefit to students as a portfolio and to public society as a reading resource since it is published on YouTube. 

Keyword: Project-Based Learning; English Phonology; Audio Book

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Du, X. & Han, J. (2016). A Literature Review on the Definition and Process of Project-Based Learning and Other Relative Studies. Creative Education,

(7). www.scirp.org/html/19-6303065_66995.htm.

Indrawan, E., Jalinus, N., & Syahril. (2019). Review Project Based Learning. International Journal of Science and Research (IJSR). 8, 1014-1018. ISSN: 2319-7064. http://repository.unp.ac.id/id/27250/1/6%20Review%20Project%20Based%20Learning.pdf

Junaidi, A. dkk. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Dirjen Dikti Kemdikbud.

Nurhajati, D. (2016). Project-Based Learning used to Develop Supplementary Materials for Writing Skill. Prosiding Indonesian International Conference The Asian EFL Journal Professional Teaching Articles, Indonesia, 12 (2), 51-56.

Stoller, F. (2006). Establishing a Theoretical Foundation for Project-Based Learning in Second and Foreign Language Contexts. In G. H. Beckett, & P. C. Miller, Eds., Project-Based Second and Foreign Language Education: Past, Present, and Future. Greenwich, CT: Information Age.

Thomas, J. W., & Mergendoller, J. R. (2000). Managing Project-Based Learning: Principles from the Field. Prosiding The Annual Meeting of the American Educational Research Association, New Orleans.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.