Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Penulisan Surat Resmi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Darus Sholihin

Siti Muharomah, Memmy Dwi Jayanti, Sri Mulyani

Sari


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis surat resmi. Penelitian dilakukan pada siswa SMP Darus Sholihin, Bedahan, Sawangan, Depok. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi, sedangkan pengumpulan data diperoleh dari lembar tugasi. Setelah dilakukan penelitian ditemukan hasilnya adalah sebagai berikut. 1) penulisan awal kalimat banyak yang tidak diawali dengan huruf besar, 2) penulisan kata dasar yang mendapat awalan ditulis secara gabung, 3) masih banyak penulisan kata yang tidak lazim, 4) banyak penulisan kata tidak efektif, 5) tujuan surat tidak jelas, 6) menulis surat tidak sesuai format, dan 7) masih ada yang belum memahami terkait perintah soal. Dengan demikian saran yang dapat disampaikan, yaitu guru perlu mengajarkan penulisan berbagai surat resmi secara cermat dan perlu dilakukan pembinaan sesering mungkin agar siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan surat, memperbaiki penulisan surat, dan mampu menulis berbagai surat dengan benar.

.

Kata Kunci: kesalahan berbahasa, surat resmi, siswa sekolah menengah pertama

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariningsih, dkk. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa

Indonesiadalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah

Atas.BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan

Pengajarannya. (Online).Volume 1, Nomor 1, April 2012, ISSN

I2302-6405, halaman 40—52. (http://bastind.fkip.uns.ac.id/).

Brown, H.D, (2007). Principles of Language Learning and

Teaching. White Plain, New York: Pearson Inc.

Ekoputranti & Rini, A. (2016). Bahan Calon Penyuluh : Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. Jakarta: Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, No.74 Tahun 2015 tentang Tata Naskah Dinas. Jakarta.

Muktar. (2000). Korespondensi Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2014). KBBI Edisi empat Departeman Pendidikan Nasional. Jakarta: Gramedia Utama.

Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grasindo

Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukosari, Sutrimah, & Noerdin. (2021). Analisis Gaya Bahasa pada Novel Ingkar karya Boy Candra. Jurnal Pendidikan Edutama. IKIP PGRI Bojonegoro. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/1661/




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6069

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.