Analisis Soal Tes Potensi Skolastik Bahasa Inggris Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Berdasarkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Taksonomi Bloom

Siti Sayyidah Ummayyah, Irfan Hadi, Doni Anggoro Ari Santoso

Sari


Penelitian ini mengkaji permasalahan pendidikan, yaitu penggelompokkan dan pengategorian soal-soal TPS Bahasa Inggris UTBK SBMPTN pada tahun 2019, 2020, dan 2021 berdasarkan keterampilan berpikir dan taksnomi bloom revisi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripsi, yaitu salah satu metode penelitian dengan cara menggambarkan fenomena yang terjadi dengan menggunakan susunan kalimat yang dibentuk menjadi beberapa paragraf. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teori dengan menggunakan tiga teori untuk memperkuat hasil penelitian.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat sebanyak satu soal dengan persentase sebesar 0,333% termasuk dalam ranah kognitif domain C1-mengenal, sebanyak lima soal dengan persentase sebesar 1,667% termasuk dalam ranah kognitif domain C2-memahami, sebanyak enam soal dengan persentase 2% termasuk dalam ranah kognitif domain C3-menerapkan, sebanyak tiga belas soal dengan persentase 4,333% termasuk dalam ranah kognitif domain C4-menganalisis, sebanyak empat soal dengan persentase 1,333% termasuk dalam ranah kognitif domain C5-mengevaluasi, dan sebanyak nol soal dengan persentasi sebanyak 0% termasuk dalam ranah kognitif domain C6-mencipta. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa soal-soal TPS UTBK-SBMPTN dari tahun 2019, 2020, sampai dengan 2021 memiliki tipe soal HOTS atau kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan ranah kognitif domain C4-menganalisis, C5-mengevaluasi, dan C6-mencipta.

 

Keywords: Tes Potensi Skolastik; Ujian Tulis Berbasis Komputer; Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri; Kemampuan Berpikir; Taksonomi Bloom Revisi; Ranah Kognitif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pratami, R. R. (2015). Pengaruh Jalur Seleksi Masuk, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Skripsi Pada Sarjana Universitas Negeri. Semarang.

Otavia, Y. I. (2021). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kimia. Skripsi pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Suryapuspitarini, B. K., dkk. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, 1 (1). FMIPA. Universitas Negeri Semarang.

Kusnawa, W. S. (2014). Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurani, R. (2020). Analisis Soal Tes Sumatif SMA Biologi Kelas XII Ditinjau dari Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Utari, R. & Madya, W. Taksonomi Bloom, Apa dan Bagaimana Menggunakannya?. Pusdiklat KNPK.

Darmawan, I. P. A. & Sujoko, E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benjamin S. Bloom. Jurnal Satya Widya. 29 (1).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6072

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.