Analisis Kompetensi Guru dalam Film “The Ron Clark Story” Karya Randa Haines

Clarissa Claudia Pasalbessy, Nurjanah Nurjanah, Ira Miranti

Sari


Abstrak. The Ron Clark Story adalah film yang menceritakan tentang kisah inspiratif seorang guru muda yang energik, kreatif dan idealis. Film ini didasarkan pada aksi kehidupan nyata Ron Clark, seorang guru di Amerika.The Ron Clark Story adalah sebuah film dengan tema Edukasi, Amerika Serikat tahun 2006 yang berdurasi 96 menit. Film ini disutradarai Randa Haines dan diproduksi oleh Old Beantown Films; Granada America; MAGNA Global Entertainment; TNT Original Production dan dirilis langsung di televisi. Film ini ditayangkan perdana di TNT pada 13 Agustus 2006. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis apa saja kompetensi guru dan pesan moral yang terdapat didalam film The Ron Clark Story. serta melengkapi persyaratan untuk mendapat gelar kesarjanaan di Universitas Indraprasta PGRI. Metode penelitian yang penulis pakai adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik kepustakaan, dan dengan menggunakan pendekatan struktural dan teori semiotika. Hasil temuan peneliti adalah terdapat beberapa kategori kompetensi guru dan pesan moral pada film The Ron Clark Story.

Kata Kunci: Characterization; Analyze film; Ron Clark Movie; Educational values; Teacher competence

 

Abstract. The Ron Clark Story is a film that tells the inspiring story of a young teacher who is energetic, creative and idealistic. The film is based on the real-life action of Ron Clark, a teacher in America. The Ron Clark Story is a film with the theme Education, United States in 2006 with a duration of 96 minutes. The film is directed by Randa Haines and produced by Old Beantown Films; Granada America; MAGNA Global Entertainment; TNT Original Production and released live on television. The film premiered on TNT on August 13, 2006.The purpose of the study is to analyze what teacher competencies and moral messages are contained in the film The Ron Clark Story. and complete the requirements for obtaining a bachelor's degree at Indraprasta University PGRI. The research method that the author uses is descriptive qualitative, with library techniques, and by using a structural approach and semiotic theory. The results of the research findings are that there are several categories of teacher competence and moral messages in the film The Ron Clark Story.

Keyword: Characterization; Analyze film; Ron Clark Movie; Educational values; Teacher competence


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriani, T., Rafli, Z., & Zuriyati, Z. (2019). Integritas Diri Tokoh Utama Pada film “The Ron Clark story” Karya Randa Haines. Indonesian Language Education and Literature, 5(1), 99. doi:10.24235/ileal.v5i1.3898

Asmani, M, J. (2009). 7 Kompetensi Guru menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Books.

Ayoana. (2010). Definisi Film. Retrieved From http://ayoana.tumblr.com/

Brockway, J. (Producer) & Haines, R. (Director). (2006). The Ron Clark Story. United States: ITV studios Global Entertainment.

Creswell, J. W. (2012). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. SAGE Publications.

Eneste, P. (1991). Novel Dan film. Ende, Flores, NTT : Nusa Indah.

Hardiman, F. B. (2004). Filsafat modern: Dari Machiavelli sampai Nietzsche. Gramedia Pustaka Utama.

Hidayat, A. (2020) Penelitian Kualitatif (Metode): Penjelasan Lengkap. Retrieved From https://docplayer.info/75776430-Metode-penelitian-creswell-dalam-herdiansyah- 2010-8-menyatakan-bahwa-penelitian-kualitatif.html

Indonesia. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1992 tentang perfilman.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Peraturan Menteri Pendidikan Negara RI Tahun 2011 Nomor 11, tentang Guru dan Dosen. Citra Umbra. Bandung.

Islam, A. M. (2017). “Kompetensi Kepribadian guru dalam film The Ron Clark Story dan Relevansinya terhadap kepribadian guru pendidikan agama islam”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Jannah, W. (2021). Menjadi guru Profesional: Memahami Hakikat Dan Kompetensi guru. doi:10.31219/osf.io/fcq4t

Kaharuddin, K. (2020). Kualitatif: Ciri Dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-8. doi:10.26618/equilibrium.v9i1.4489

Mafiroh, A., & Prasetyo,E, H. (2017). “EDUCATIONAL VALUES’ ANALYSIS RELATED TO KHD’S PRINCIPLE IN THE RON CLARK STORY MOVIE.” Doi https://doi.org/10.36597/jellt.v1i1.924

Muhaimin. (2001) Menjadi Guru Yang Kompeten. Jakarta: Gema Insani.

Mulyasa, E. (2011). Standar Kompetensi dan Sertifikat Guru. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa,E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa,E. (2011). Standar Kompetensi dan Sertifikat Guru. Bandung: Rosdakarya.

Ni’am, A. Membangun Profesionalisme Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, W. K. (2021). Profesi guru Dan kompetensi Yang harus dimiliki. doi:10.31219/osf.io/9axy2

Rada. (2021). Teknik Pengumpulan Data. Retrieved From https://dosenpintar.com/teknik-pengumpulan data/#Menurut_Riduwan_2010_51

Salim, S. (2019). METODE PENELITIAN.

Sholikah, S. (2017). Analisis undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang guru Dan Dosen (Sebuah Kajian Kritis). AKADEMIKA, 11(1), 1-9. doi:10.30736/akademika.v11i1.39

Shalekhah, A. N. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Poster Film Parasite Versi Negara Inggris. Jurnal Barik, Vol. 2., 54-66.

Sudrajat, A. (2012). Kompetensi Kepribadian Guru. Retrieved From https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2012/10/22/kompetensi-kepribadian- guru/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.