Pelaksanaan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Masa New Normal
Sari
Abstrak. Pasca covid-19 terjadi banyak hal yang telah berubah, termasuk dalam bidang pendidikan. Kegiatan pendidikan dan pebelajaran mengalami penyesuaian dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penerapan pembelajaran daring dan luring di salah satu SMP Islam yang ada di wilayah kota Bekasi Jawa Barat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan langkah-langkah : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kendala dalam pelaksanaannya akan tetapi dapat diselesaikan dengan baik oleh para guru. Penelitian ini memberikan informasi bahwa para dan guru dan siswa lebih memilih pembelajaran luring di mana karena dapat berinteraksi satu lainnya dengan lebih baik.
Kata Kunci: blended learning; smp; new normal
Abstract. After Covid-19, many things have changed, including in the field of education. Educational and learning activities have undergone adjustments in their implementation. This study aims to explore how the application of online and offline learning in an Islamic junior high school in the Bekasi city area, West Java. This research method uses a qualitative phenomenological approach with the following steps: action planning, action implementation, observation stage, and reflection stage. The results of the study showed some obstacles in its implementation but could be solved well by the teachers. This study provides information that teachers and students prefer offline learning because they can interact with each other better.
Keyword: blended learning; junior high school; new normal
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akhwani, & Romdloni, M.A (2021). Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 Di SD. Indonesian Jounal of Primary Education, 5(1), 1-12
Ambarita, J., dkk. (2020). Pembelajaran Luring. Indramayu: CV Adanu
Farid, M., & Adib. (2018). Fenomenologi Dalam Penelitian Sosial. Jakarta: Prenada Media Grup
Laelia, Nurpratiwiningsih, & Prasetyo. Sosialisasi Pembelajaran Daring dan Luring Pada Masa Covid-19
Risdianto, E., Fitria, J., Johan, H., & Macariola, J.S. (2020). Teacher’s Perception of Termodynamic Law Module Developed in Training Trough Students’ Critical Thinking Skills. Journal of Social Work and Science Education. 1(1), 58-59
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2019). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid Covid-19. Biodik, 6 (2), 109-119. http://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran daring Kombinasi Berbasis WhatsApp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8 (1),81. https://doi.org.10.23887/janapati.v8i1.17204
DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6083
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia
Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia
Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB
SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.