Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu

Syahfitri Purnama

Sari


Kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan benar sangat diinginkan oleh siswa SMA Islam Terpadu “Missbaahussuduur” Grand Depok City, Jatimulya, Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat. Kemampuan berbahasa Inggris ini tidak dapat diperoleh tanpa usaha keras karena bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang memiliki sistem bunyi dan struktur yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Belajar bahasa asing diperlukan ketekunan dan kesabaran, serta memiliki motivasi yang tinggi. Tanpa itu, seseorang tidak akan pernah berhasil dalam mempelajarinya. Bahasa secara umum memiliki sistem bunyi, begitu juga dengan bahasa Inggris yang juga memiliki sistem bunyi. Perbedaan sistem ini yang membuat pembelajar sulit berbicara dan juga menulis bahasa asing. Mereka harus berusaha keras untuk mampu mempelajarinya meski belajar bahasa asing tidak mudah. Ketika seseorang ingin berbicara bahasa Inggris dengan baik, bahasa pertama mereka sebaiknya bagus, ini disebabkan ia harus mentransfer bahasa pertama kepada bahasa targetnya. Di dalam penelitian ini dikaji pembelajaran pengucapan bahasa Inggris melalui lagu popular berbahasa Inggris pada siswa SMA Missbaahussuduur Grand Depok City, Jatimulta, Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat. Lagu popular yang diberikan atau diperdengarkan ke siswa berjudul “Roar”dinyanyikan oleh Katy Parry. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metoda analisis isi dan analisis dilakukan setelah lagu diperdengarkan beberapa kali kepada siswa sebelum mereka diminta menyanyikannya. Dari hasil analisis di peroleh hasil bahwa masih terdapat bunyi kata dari lirik lagu yang sulit diucapkan oleh siswa. Bunyi tersebut adalah bunyi frikatif, afrikatif, panjang pendeknya vokal, dan juga kesulitan dalam mengucapkan diftong.

 

Kata Kunci: Pembelajaran; Pengucapan; Bahasa Inggris; Lagu Popular, SMA IT Misbaahussudur


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brown, H. D. (2007). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Edisi Kelima. Pearson Education, Inc.

Cameron, S. (2012). Perfecting Your English Pronunciation. McGraw-Hill. P xvi-xvii.

Carr, P. (2013). English Phonetics and Phonology: An Introduction, Wiley Black Well Publication.

Dardjowidjojo, S. (2000). Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Finch, G. (1998). How to Study Linguistics: A Guide to Understanding Language, Palgrave Macmillan.

Krippendorff, K. (2004). Konten Analisis, Pengantar Teori dan Metodoogi. Penerbit. RajaGrafindo Persada.

Kumaravadivelu, D. (2008). Understanding Language Teaching, from Methode to Postmethod, Lawrence Erlabaum Associates, Publishers Mahwah, New Jersay, London.

McKee, B.L., Walter, H., Perry, K., Gottwald, L., Martin M. 2013. “Roar”. Roar lyrics © Concord Music Publishing LLC, Kobalt Music Publishing Ltd., Warner Chappell Music, Inc.

Mulatsih, D. (2015). Pronunciation Ability by Using English Song in Indonesian Student of UNSWAGATI Cirebon. Journal of English Language and Learning. Vol. 2 No. 2. p 294-299.

Purnama, S., & Tjitrosoemarto, S. (2016). Laporan Akhir Pengabdian Kepada Masyarakat. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Richards, J. C. (2010). Longman Dictionary of Language Teaching & Applied Linguistics, Fouth Edition, Pearson, Great Britain.

Rouch, P. (2009). English Phonetics and Phonology: A Practical Course, Fourth Edition, A Cambridge University Press.

Schoele, C. M, Murphy, N. D. (2014). The Intensive Phonological Awareness Program. Paul H. Brookes Publishing Co.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.