Analisis Kelayakan Isi Buku Ajar Mozaik Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Terbitan Yudhistira

Rahman A. Thalib, Lisyan Husain, Umar Kasim, Nurhayati Nasaru, Herman Didipu

Sari


Buku ajar merupakan salah satu media yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Dengan buku ajar, guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan lebih efektif, dan peserta didik pun dapat belajar mandiri dengan menggunakan buku ajar. Untuk itu, kelayakan sebuah buku ajar menjadi keharusan sebelum guru menentukan buku ajar mana yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan isi buku ajar Mozaik Bahasa Indonesia kelas VII yang diterbitkan oleh Yudhistira. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik dokumentasi, yaitu buku ajar Mozaik Bahasa Indonesia kelas VII SMP terbitan Yudhistira. Aspek kelayakan yang diamati adalah kelayakan isi atau materi, yang mencakup kriteria: (1) kesesuaian materi dengan kurikulum; (2) kesesuaian materi dengan tujuan pendidikan; (3) kebenaran materi dilihat dari segi ilmu; dan (4) kesesuaian materi dengan perkembangan kognitif peserta didik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Dari hasil penelitian, secara keseluruhan aspek isi pada buku ajar Mozaik Bahasa Indonesia kelas VII ini memperoleh presentasi 78,12 %. Jika dilihat pada kategori kelayakan buku ajar dari aspek isi buku ini dikategorikan layak karena sesuai dengan pedoman penulisan buku ajar yang dirumuskan oleh DEPDIKNAS. Hasil penelitian berimplikasi pada penegasan bahwa buku ajar Mozaik Bahasa Indonesia kelas VII yang diterbitkan oleh Yudhistira layak untuk digunakan sehingga guru pengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat memanfaatkannya sebagai salah satu media pembelajaran.

 

Kata Kunci: Buku ajar; bahasa indonesia aspek isi.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Awalludin. (2017). Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta Deepublish

Handayani, Rina Asih. (2018). Kesesuaian Materi Tehadap Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Buku Ajar Bahasa Arab. Jurnal Lisania. 2 (1), 28-43, (online), https://lisania.iainsalatiga.ac.id

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1994). Qualitative Data Analysis. America, Sage Publications.

Syamsi, Kastam, Esti Swatika Sari dan Setyawan Pujiono. (2013). Pengembangan Model Buku Ajar Membaca Berdasarkan Pendekatan Proses Bagi Siswa SMP




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6095

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.