Zoom sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Siswa SMA Muhammadiyah 3 Jakarta Kelas 10 IIS Tahfidz

Nadira Regina, Mutyara Mustafa

Sari


Selama pandemi covid-19 berlangsung kegiatan belajar mengajar ditiadakan karena untuk mencegah angka kenaikan yang terkena virus covid-19. Dengan dampak yang terjadi di Indonesia ini, SMA Muhammadiyah menerapkan pembelajaran di rumah (online) selama pandemi ini. Salah satu pembelajaran yang dilakukan di rumah yaitu pembelajaran bahasa Arab. Ada begitu banyak media belajar untuk pembelajaran online di rumah yang bisa digunakan oleh siswa dan guru seperti google meet, google classroom, whatsapp, dan yang lainnya. Adapun salah satu media pembelajarannya yaitu aplikasi Zoom. Aplikasi tersebut dapat digunakan oleh siapa pun dalam keadaan jarak jauh. Zoom sangat efektif untuk digunakan selama pandemi ini walaupun dilakukannya tidak bisa tatap muka secara langsung. Pada penelitian ini menggunakan teori media pembelajaran online dan metode dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang didapatkan yaitu dari 14 orang siswa kelas 10 IIS Tahfidz yang sedang belajar secara online menggunakan aplikasi Zoom. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan beberapa pertanyaan melalui google form kepada 14 siswa. Maka dari itu, tujuan untuk melakukan penelitian ini dengan memberikan gambaran mengenai keadaan atau kondisi yang terjadi saat proses pembelajaran bahasa Arab berlangsung saat pandemi, bagaimana penggunaan aplikasi Zoom sebagai media pembelajaran bahasa Arab, serta permasalahan apa yang dihadapi ketika belajar bahasa Arab melalui aplikasi Zoom.

Kata Kunci: Aplikasi Zoom; Bahasa Arab; Media Pembelajaran; Pandemi Covid-19


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran daring kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan prodi teknik informatika universitas pgri madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 8(1), 81-86.

Al Faiqi, M. I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Di Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang. semnasbama, 5, 699-708.

Munasiah, M. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1163-1169.

Brahma, I. A. (2020). Penggunaan zoom sebagai pembelajaran berbasis online dalam mata kuliah sosiologi dan antropologi pada mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97-102.

Kosim, N., Turmudi, I., Maryani, N., & Hadi, A. (2020). Pembelajaran bahasa Arab melalui daring: Problematika, solusi dan harapan. Work From Home.

Moch. Danu Kurniadi, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom dalam Pembelajaran Mata Kuliah Hiwar di STAI Ali Bin Abi Thalib Surabaya”. Jurnal Al-Fawa’id STAI Ali Bin Abi Thalib Surabaya Vol. XI No. 2 September 2021.

Agung Prasetyo, “Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif, Mahasiswa Skripsi Wajib Tahu”, https://www.linguistikid.com/2016/09/pengertian-penelitian-deskriptif-kualitatif.html; diakses tanggal 27 Februari 2022.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.