Penggunaan Berbagai Media untuk Mendogeng sebagai Upaya Penerapan Sastra Anak di Era Digital

Catur Rohmiasih, Catur Rohmiati, Santi Sartika

Sari


Munculnya internet, gawai, gim, dan media sosial membuat anak menjadi terbuai dengan kemudahan teknologi. Anak malas belajar karena lebih memilih bermain gim dan menonton youtube daripada belajar dan membaca buku. Kewajiban orang tua untuk membimbing dan memberi pengarahan tentang arti penting literasi. Sehingga gerakan literasi sastra bisa dimulai dari lingkungan keluarga dengan cara mendongeng. Mendongeng merupakan cerita prosa rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi secara nyata. Budaya mendongeng menjadi salah satu seni rakyat yang tertua dalam mengajarkan kepada generasi penerus tentang penanaman nilai moral, paham sejarah dan juga paham keanekaragaman budaya. Dongeng dianggap mampu dalam menumbuhkan kecintaan membaca pada anak dan tentunya yang mengarahkan kepada hal kebaikan. Pemanfaatan media yang tepat akan memudahkan pesan moral yang hendak disampaikan. Dengan menggunakan studi literatur dan sumber data yang digunakan dari jurnal, prosiding, artikel dan referensi lain yang relevan. Data yang diperoleh kemudian disusun secara sistematis dan ditarik kesimpulan sehingga dapat disampaikan dengan jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Penulisan artikel ini bertujuan sebagai upaya dalam menumbuhkan minat anak terhadap sastra di era digital.

Kata Kunci: Membaca dongeng; Sastra anak; Era digital


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


All., A. et. (2020). Efektivitas Implementasi Mendongeng Terhadap Literasi Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. S, 1–10.

Artha, B., Purnama Asri, C., Permata Sari, N., & Az Zahra, K. (2022). Industrial Agglomeration: Suatu Studi Literatur. Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 4(1), 13–19. https://doi.org/10.37631/jri.v4i1.515

Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 88–93. https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.41

Farahiba, A. S. (2017). EKSISTENSI SASTRA ANAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA TINGKAT PENDIDIKAN DASAR. 1(1), 47–60.

Cahyani, C. D., Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022, February). Studi Literatur: Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Pembelajaran Matematika. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 272-281).

Jalu Norva Illa Putra, N. W. (2020). Cerita Bergambar Sebagai Konkretisasi Pembelajaran Sastra Anak Di Sekolah Dasar (Pictorial Strory As A Concretization Of Childre’s Literature Learning in Elementary School). Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2), 345–356.

Satrianingrum, A. P., Setiawati, F. A., & Fauziah, P. Y. (2021). Pembelajaran jarak jauh pada PAUD: studi literatur berbagai metode pembelajaran pada masa pandemi di berbagai tempat. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 34-41.

Panglipur, P. J., & Listiyaningsih, E. (2017). Sastra Anak Sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Untuk Menumbuhkan Berbagai Karakter Di Era Global. Jurnal UNEJ, 687–696.

Pheni Cahya, K. (2015). Meningkatkan Jiwa Sosial Anak Melalui Karya Sastra Berupa Dongeng. Jurnal Stilistika, 8(2), 102–112.

Rosid, A. (2021). NILAI-NILAI DALAM SASTRA ANAK SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN KARAKTER Abdul. Volume 6 N, 2–7.

Setiana, L. N., Chamalah, E., Azizah, A., & Oktarina, P. W. (2019). PEMBUDAYAAN MENDONGENG ISLAMI BERBANTU MEDIA BONEKA JARI PADA MASYARAKAT ( POKDAWIS ) DESA. SENADIMAS UNISRI, September, 214–217.

Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542.

Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6103

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.