Representasi Budaya Digital pada Iklan Televisi “SPRITE WATERLYMON” Edisi Tahun 2022
Sari
Iklan merupakan bentuk informasi yang penting dalam mempromosikan sebuah produk kepada khalayak sasaran. Karena itu setiap perusahaan dituntut untuk dapat membuat iklan yang menarik dan diaplikasikan ke dalam media yang relevan saat ini. Sprite merupakan sebuah produk minuman soda yang berasal dari PT. Coca Cola Company yang menggunakan media televisi untuk mempromosikan produknya. Tujuan artikel ini adalah untuk merepresentasikan citra yang dibangun oleh produk sprite waterlymon dalam iklan televisi yang dapat menarik minat para konsumen agar dapat merasakan sensasi segar dan nikmatnya pada tubuh setelah meminum minuman bersoda yaitu Sprite Waterlymon tersebut. Metode yang peneliti ambil dalam membuat artikel ini adalah Metode Semiotika (Penalaran logika manusia melalui tanda) dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari perilaku yang diamati yang menghasilkan tanda berupa gambar yang nantinya dibangun dengan persepsi (simulacra & simulasi). Tujuan metode ini untuk memberikan persepsi melalui tanda seperti gambar dan bersifat deskriptif menjelaskan melalui kata-kata yang akan menimbulkan persepsi karena adanya citra yang dibentuk terhadap iklan televisi tersebut.
Kata Kunci: Citra; Iklan; Sprite; Waterlymon.
Referensi
Fitrianti, R. (2021). Simulacrum Media di Era Postmodern (Analisa Semiotika Jean Baudrillard dalam Narasi Iklan Kecantikan Dove Edisi ‘Dove Real Beauty Sketches’). Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 1(2), 92-117. https://doi.org/10.53363/bureau.vli2.29
Hermawan, Anang. (2007). ‘’Membaca” Iklan Televisi: Sebuah Perspektif Semiotika. Skripsi Studi Korerasional Pengaruh Hiperealitas Dalam Iklan Kosmetik Terhadap Minat Beli Kosmetik Pada Mahasiswi Ilmu Komunikasi Di FISIP USU. https://repositoru.usu.ac.id/
Kartika, N. (2020). Representasi Budaya Dalam Iklan Televisi Sirup Marjan ‘Robot Golek’ 2018. Yogyakarta. Diakses dari http://digilib.isi.ac.id/6205/1/BAB%20I.pdf
Noviani, R. (2002). Iklan Jalan Tengah Memahami Iklan: Antara Realitas, Representasi, dan Simulasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/5824#
Riyadi, A., Gelasia, E. (2021). Analisis Pesan Visual Dalam Iklan Sprite “Nyatanya Pas” Pada Media Televisi. Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 3(2), 96-102.
Sprite, 15s. (2022). Sprite Waterlymon - Ngilangin Haus Gak Pernah Seenak Ini (Sprite). Youtube. Diakses pada 06 Juni 2022, dari https://youtu.be/wRx2WW1P6bU
Undang - Undang No 18 Tahun 2008. Tentang Pengelolaan Sampah. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39067/uu-no-18-tahun-2008
William F. Arens. (2005). Contemporary Advertising. https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/ornamen/article/download/871/863
DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6117
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia
Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia
Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB
SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.