Analisis Tokoh Utama dalam Drama Tradisional Ketoprak “Ande-Ande Lumut” (Kajian Humanistik)

Anna Anna, Rhezika Fitriana Zahra, Diva Ramadhani, Fiqri Ardiansyah, Nur Alfiyyah Lail, Alifia Khaerunnisya, Delviana Habeahan, Rahma Adellia Pujanata, Arief Dwi Cahyo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tokoh utama pada drama tradisional ketoprak “Ande-Ande Lumut” yang berfokus pada kajian humanistik serta mengacu pada teori Abraham Maslow. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitif deskriptif. Penelitian ini menegaskan tentang kajian humanistik yang dideskripsikan oleh Abraham Maslow dan dianalisis melalui tokoh utama dalam drama tradisional Ande-Ande Lumut yaitu Klenting Kuning. Hasil penelitian ini adalah adanya pembahasan mengenai drama tradisional ketoprak dan kajian humanistik menurut Abraham Maslow. Pada penelitian ini, penulis juga mengulas tentang aspek-aspek humanistik yang mengarah pada psikologi pada Klenting Kuning ditekankan pada kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan untuk diterima, kebutuhan untuk dihargai dan kebutuhan aktualisasi diri.

Kata kunci : drama tradisional; kajian humanistik; sastra; drama

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pembelajaran, P. M., Kemampuan, T., Unsur, M., Drama, I., Smk, K. X., & Mulia, Y. (2017). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(2), 88–96.

Sumantri, B. A., Ahmad, N., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2019). Teori belajar humanistik dan implikasinya terhadap pembelajaran pendidikan agama islam. 3(September), 1–18.

Sma, D. I., & Magdalena, Y. (2017). UNSUR INTRINSIK DRAMA “ TANGIS ” KARYA P . HARIYANTO DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA BERBENTUK UNSUR INTRINSIK DRAMA “ TANGIS ” KARYA P . HARIYANTO.

Sumantri, B. A., Ahmad, N., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2019). Teori belajar humanistik dan implikasinya terhadap pembelajaran pendidikan agama islam. 3(September), 1–18.

Teater, P., & Kurniawan, T. U. (2016). Perwujudan Naskah Drama Anusapati Karya S . H . Mintardja. April, 73–81.

Analysis, T., Values, H., Stories, S., Magazine, H., Approach, L. P., Material, T., & Appreciation, L. (2013). HORISON DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN The Analysis of Humanist Values in Short Stories in Horison Magazine : Literary Psychology.

Sastra, B. D. A. N. (n.d.). Juliaans E. R. Marantika dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fkip Universitas Pattimura, Ambon.




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6119

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.