Penerapan Teknik Clustering dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Bahasa Inggris Siswa Kelas X

Nurul Annisa

Sari


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik clustering dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi bahasa Inggris siswa SMA kelas X SMA Widya Manggala Jakarta. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik clustering dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di kelas. Penelitian ini diikuti oleh siswa kelas X Ipa sebanyak 25 siswa. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, observasi, akting/tindakan, dan refleksi. Indikator pencapaian dari penelitian ini adalah apabila ada keberhasilan peningkatan menulis siswa serta rasa percaya diri siswa. Hasil dari penelitian bahwa penerapan teknik clustering dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi bahasa Inggris siswa SMA Widya Manggala kelas X dengan tingkat kenaikan di siklus dua sebesar 76%.

 

Kata Kunci: Teknik clustering; Keterampilan menulis bahasa Inggris; Teks Deskripsi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brown, H. Douglas.2001. Teaching by Principles an Interactive Approach to

Language Pedagogy Second Edition. New York: Pearson Education Company.

De Potter, B & Hernacki M. (2000). Quantum Learning. Bandung: Pustaka Setia.

Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Oshima, A., & Hogue, A. (2006). Writing academic English – level 4 answer key. America: Pearson Longman.

Oshima, A., & Hogue, A. (2007), Introduction In Academic Writing Third Edition. New York: Perason Education Inc.

Richard, Jack C and Willy A Renandya. 2002. Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge University.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Bandung: Alfabeta.

Wardiman, A. (2008), English In Focus: for Grade VII Junior High School (SMP/MTs). Jakarta: Pusat Perbukuan DEPDIKNAS.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.