Konflik Batin Tokoh Utama Perempuan Film “Ku Kira Kau Rumah” Karya Umay Shahab

Dea Meylla Savella Dewi, Rahmi Hayati, Nurasih Hadina, Erika Aprilia

Sari


Karya sastra merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk berbagai hal baik sebagai hiburan maupun sebagai pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan aspek psikologi Niskala sebagai pemeran tokoh utama perempuan dalam film Ku Kira Kau Rumah, (2) mendeskripsikan implementasi aspek psikologi tokoh Niskala pada film Ku Kira Kau Rumah dalam pembelajaran sastra di SMA, (3) implementasi aspek psikologi dalam film Ku Kira Kau Rumah bagi dunia pendidikan di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pembacaan semiotik. Aspek psikologi dalam film tersebut dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sastra di SMA. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 3 konflik batin dengan aspek kejiwaan Id, 4 konflik batin dengan aspek kejiwaan Ego dan 7 konflik batin dengan aspek kejiwaan Superego. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar pembelajaran sastra di SMA pada KD 3.1 Kelas X.

 

Kata Kunci: Konflik Batin; Psikologi; Film


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, R. (2015). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Catatan Malam Terakhir Karya Firdya Taufiqurrahman. Pendidikan Bahasa, 4(2), 253–263.

Fauzi, J. A. and Al-Ma’ruf, A. I. (2021) ‘Konflik Batin Tokoh Dalam Film Bidadari Mencari Sayap Karya Aria Kusumadewa: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA’. Available at: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/95483%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/95483/3/Naskah.pdf.

JANAH, R. D. (2018). Analisis konflik batin tokoh utama perempuan dalam film.

Mujayanah, A. (2020). Analisis Tokoh Abah Dalam Film Keluarga Cemara Dan Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma (Tinjauan Psikologi Sastra). Jurnal Pendidikan Edutama, 1–13. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/835

Normalita, A. (2020). Potret Id, Ego, Dan Superego Pendengar Pada Lirik Lagu Karya Didi Kempot Kajian Psikologi Sastra. Semantiks, 396–403. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks

Pradita, L. E., Sumarwati, S., & Suhita, R. (2012). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Sang Pencerah Karya Hanung Bramantyo. Basastra, 1(1), 26.

Ristiana, K. R., & Adeani, I. S. (2017). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 Karya Asma. Jurnal Literasi, 1(2), 49–56.

Santoso, E. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 2(2), 35. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2085




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6127

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.