Perancangan Buku Cerita Bergambar yang di Adopsi dari Relief Binatang di Candi Sojiwan

Rizkhi Apriyanto, Bacilius Thollonoo Florauentinus, Muhammad Fadli Syaroful Anam

Sari


Candi-Candi merupakan peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban hindu-buddha di Indonesia. Candi menjadi tempat yang menyimpan banyak sekali informasi tentang gambaran manusia pada saat itu. Salah satu peninggalan candi buddhis adalah candi Sojiwan yang terletak di desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Cerita bergambar yang diadopsi dari relief atau pahatan pada candi menjadi salah satu media komunikasi terbaik untuk anak-anak maupun dewasa. Cergam di zaman sekarang kurang diminati lagi dan dapat dikatakan terlupakan, karena anak-anak lebih asik bermain game. Mereka tidak menyadari bahwa ada pergeseran budaya kearifan lokal yang hampir hilang. Maka dari itu sebagai anak desain komunikasi visual harus berinisiatif dan berinovatif dalam membuat konten dari segi cerita bergambar, film animasi dan yang lainnya. Serta tidak lupa mengangkat kebudayaan kearifan lokal yang bisa menarik kembali minat baca anak-anak nantinya. Pada penulisan ini, penulis menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan sebuah metode penelitian yang dimana penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis sebuah fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok.

 

Kata Kunci: Candi; Cergam; Kebudayaan


Referensi


TRISNAYANTI, C. (2015). Studi Bentuk dan Makna Relief Candi Sojiwan (Doctoral dissertation, INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA).

Sari, I. D. R. (2013). Visualisasi nilai pendidikan karakter dalam relief cerita hewan di candi Sojiwan. Berkala Arkeologi Vol. 33 No. 2, November 2013, 33(2), 227-238.

Harpawati, T., & Sugihartono, R. A. (2019). ALIH WAHANA RELIEF CERITA BINATANG DI CANDI SOJIWAN KE DALAM FILM ANIMASI SEBAGAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI BAGI ANAK.

Santoso, H. (2011). Membangun minat baca anak usia dini melalui penyediaan buku bergambar. Universitas Negeri Malang.

Adipta, H., Maryaeni, M., & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan buku cerita bergambar sebagai sumber bacaan siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 989-992.




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6137

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.