Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce dalam Iklan Go-Pay Versi Jaminan Saldo Kembali
Sari
Seiring berkembangnya Zaman, berbagai kemudahan dalam mengakses berbagai aspek kehidupan terus bermunculan salah satunya adalah dompet digital. Gopay merupakan produk dompet digital yang berasal dari Indonesia dan sudah banyak digunakan masyarakat dalam melakukan transaksi non-tunai untuk berbagai keperluan. Dalam mengampanyekan produknya, Gopay membuat sebuah iklan komersial yang di dalamnya berisi pesan promosi dan pesan persuasif untuk mengajak masyarakat menggunakan dompet digital tanpa rasa khawatir dengan adanya ancaman cybercrime yang mengancam saldo pengguna. Iklan ini menggunakan bentuk visual animasi 2 dimensi yang menceritakan tentang saldo pengguna yang dicuri dan dikembalikan lagi karena adanya jaminan saldo kembali dari Gopay. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkap makna yang terdapat dalam iklan ini, yang bisa dijadikan solusi dalam menghadapi permasalahan masyarakat di era digitalisasi. Penelitian ini berfokus pada analisis visual dengan menguraikan dan menganalisis tanda-tanda yang terdapat pada iklan ini dan akan dibahas secara rinci berdasarkan scene to scene menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Pierce. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Gopay solusi malas tanpa ribet (2) Karakter Gopy sebagai representamen saldo Gopay (3) Transaksi mudah dan cepat solusinya pakai gopay saja (4) Ancaman bisa datang dari mana saja dengan beragam cara (5)Jaminan saldo kembali membuat pengguna menjadi senang dan Bahagia.
Kata Kunci: Gopay Jaminan Saldo Kembali, Analisis Visual, Semiotika, Tipologi Tanda.
Referensi
Ardani Putra, F. (2015). Studi Fenomenologi Tato Sebagai Identitas Diri Pada Pemakai Tato Di Jember. Paradigma Madani, 2(2), 105–126.
Ardhianto, P., & Manuel Son, W. (2019). Visual Semiotics Analysis on Television Ads UHT Ultra Milk “Love Life, Love Milk.” International Journal of Visual and Performing Arts, 1(1), 27–41. https://doi.org/10.31763/viperarts.v1i1.13
Arifianti, M. (2014). Representasi Fashion Sebagai Kelas Sosial Dalam Film The Devil Wears Prada Dan Confessions Of A Shopaholic Naskah Publikasi.
Hasanah, U. (2018). Deskripsi Tentang Peserta Didik Yang Memiliki Kepribadian Introvert Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak. 1–13.
Kalele, B., Oroh, S. G., & Sumarauw, J. (2015). Pengaruh Word Of Mouth, Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Motor Suzuki Satria Fu Pada Pt. Sinar Galesong Mandiri. Jurnal EMBA, 3(3), 451–462.
Mudjiyanto, B., Nur, E. (2013). Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika dan Media Massa PEKOMMAS, 16(1), 73–82.
Nanda Rahadian R. (2013). Pembuatan Desain 3d Booth Event Pt. Semen Gresik Untuk Acara Gathering Produk Di Cv. Kebun Rupa Surabaya.
Nurcahyo F. (2011). Kaitan Antara Obesitas Dan Aktivitas Fisik. MEDIKORA, 7(1), 87–96.
Pratiwi, W. A., Gede, & Rahanatha, B. (2016). Peran Brand Awareness Memediasi Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Indomie Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(12), 7899–7928.
Sufa, F., & Munas, B. (2012). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Televisi Mie Sedap (Survei Pemirsa Iklan Mie Sedap Pada Mahasiswa Kost di sekitar Kampus Undip, Tembalang). Diponegoro Journal Of Management, 1(1), 226–233.
DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6141
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia
Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia
Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB
SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.