Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode Pada Video Youtube Narasi Keluarga Shihab Dan Gus Baha

Fikri Badrussalam, Rohadi Maulana, Ahmad Arif Subarkah, Panda Aulia Siregar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alih kode dan campur kode dalam Video Youtube Narasi Keluarga Shihab dan Gus Baha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan metode yang mendeskripsikan, dan untuk menemukan makna yang terkandung, baik yang tersembunyi atau dengan sengaja disembunyikan. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah video acara video Narasi keluarga Shihab dan Gus baha pada tahun 2021, yang diunggah di youtube Najwa Shihab. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data bahwa dalam video narasi keluarga Shihab dan Gus baha di YouTube Najwa Shihab ditemukan 11 alih kode ke luar (external code switching) dan 1 alih kode ke dalam (internal code switching). Sedangkan campur kode ditemukan 4 campur kode kedalam (internal code switching) dan 9 campur kode ke luar (external code switching). Dalam acara ini penggunaan alih kode dan campur kode yang dominan yaitu alih kode dan campur kode keluar. Hal ini terjadi karena narasumber yang hadir memiliki keilmuan yang tinggi sehingga menguasai dan terbiasa menggunakan bahasa asing ketika berkomunikasi. Fungsi alih kode dan campur kode dalam video narasi keluarga Shihab dan Gus Baha di YouTube Najwa Shihab adalah untuk menjelaskan atau memberikan contoh kepada lawan tutur, mempertegas ketepatan makna, memberikan pendapat dan sebagai wujud akhlak yang menampilkan sifat sopan santun dalam berkomunikasi.

 

Kata kunci : Alih kode; campur kode; alih kode keluar; alih kode kedalam


Referensi


Kridalaksana, H. (2001). Kamus linguistik. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Nengah, S. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suriasumantri, S.J. (2001). Filsafat ilmu. Jakarta : Rineka Cipta.

Ali, M, Dewi, F.Z. (2020). "Analisis penggunaan campur kode dalam ceramah K.H Bahauddin Nur Salim". Jurnal Tarbiyatuna. Vol.1. no.1.

Ida, A. (2017). "Alih kode dan campur kode dalam tuturan Indonesia oleh mahasiswa prodi pendidikan bahasa Indonesia Universitas Galuh Ciamis". Jurnal Diksastrasia. Vol.1 no.2.

Nuwa, G.G. (2017). "Campur kode dalam transaksi jual beli di pasar Alok Maumere provinsi Nusa Tenggara Timur". Jurnal bindo sastra. Vol.1. no.2

Yuana, C. (2020). "Analisis penggunaan alih kode dan campur kode dalam lirik lagu aimer album dawn dan sleepless night". Mezurashi : Jurnal bahasa Jepang. Vol.2. no 1.




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6144

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.