Peran Teknologi dalam Proses Belajar Bahasa, Seni dan Sastra

Widya Tri Wulandari, Santika Pratiwi, Yasmin Nurul Ridha, Choirul Wahyu Aziz, Rizqi Amalia, Della Apriati, Nurnajmi Laila, Pangestu Adi Wibowo

Sari


Indonesia merupakan Negara berkembang dalam pemanfaatan teknologi, berbagai generasi telah dipermudah untuk mengakses suatu informasi dengan beberapa cara dan dapat memanfaatkan fasilitas dari kemajuan teknologi ini. Dan dalam hal ini internet juga secara tidak langsung telah mengubah generasi sekarang menjadi generasi digital yang tumbuh dan didampingi dengan informasi-informasi, alatalat canggih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran teknologi dalam proses belajar bahasa, seni, dan sastra bagi masyarakat terutama di dunia pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Metode ini digunakan untuk mengumpulkan data dengan cara menyebar daftar pertanyaan tertulis (kuesioner) kepada generasi milenial melalui jejaring media
sosial seperti Instagram, WhatsApp dan lainnya sebagai instrumen penelitian. Dari penelitian ini telah kita ketahui bahwa peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran bahasa, seni dan sastra Indonesia sangat berpengaruh dalam proses perkembangan di dunia pendidikan. Pembelajaran Bahasa dan sastra menggunakan perkembangan digital diharapkan mampu meningkatkan semangat belajar remaja untuk menulis dan berkreativitas.Dalam kehidupan, manusia tidak terlepas dari penggunaan bahasa. Bahasa memungkinkan orang untuk mengungkapkan pikiran, dan keinginan mereka dengan mengkomunikasikan pendapat dan informasi mereka. Pada saat ini seseorang atau pelajar mengungkapkan bahasanya lewat teknologi, mereka memulai percakapan dua arah dengan teknologi seperti media whatsapp, instagram, facebook dan media teknologi lainnya yang biasa digunakan masyarakat khususnya para pelajar untuk
mengakses berbagai sumber-sumber yang terdapat di media melalui teknologi.


Kata Kunci: Pembelajaran; Peran Teknologi; Media Sosial


Referensi


Dewi Wahyuni. 2020. MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SASTRA MELALUI PERKEMBANGAN ERA DIGITAL. Pascasarjana Universitas Negeri Medan. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, Vol 7,No 1, hlm. 1-10.

Amanda Amelia, Rudiansyah. 2021. DIGITALISASI DAN PEMBELAJARAN BAHASA DI ERA DIGITAL. SEMINAR NASIONAL PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA, ISSN: 2541- 349X.

Tri Indah Kusumawati. 2018. PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM ERA GLOBALISASI. Jurnal NIZHAMIYAH, Vol. VIII, No.2, hlm 68-77.

Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional Vol 1: “PELUANG DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN DIGITAL DI ERA INDUSTRI 4.0 MENUJU ERA 5.0”. (2021). (n.p.): Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional (Pro-Trapenas). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. (2015). (n.p.): Literasi Media Publishing.

Achmad Ridwan, Mochamad Bayu Firmansyah, Ilmiyatur Rosyidah. 2021 PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA DI ERA DIGITAL. “PELUANG DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN DIGITAL DI ERA INDUSTRI 4.0 MENUJU ERA 5.0”, VOL. 1, hlm 1-14.

Dewi Wahyuni. 2020. MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SASTRA MELALUI PERKEMBANGAN ERA DIGITAL. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, Vol 7, No 1.

Ni Luh Sustiawati. 2019. PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM SENI PERTUNJUKAN DI ERA DIGITAL. Jurnal Seni Pertunjukan Nusantara, hlm 1-7.




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6154

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.