Unsur Intrinsik Cerpen "Gadis Manis dalam Bis" Karya Prapta Diharja

Liana Pradipta, Siffa Suci Amalia, Febby Maula Azhari, Mar’atun Soleha

Sari


Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan unsur intrinsik pada cerita pendek “Gadis Manis Dalam Bis” karya Prapta Diharja dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 SMP Negeri 13 Jakarta”. Unsur yang terdapat dalam cerpen ini terdiri dari, tema, alur, latar, tokoh, penokohan, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat.2) penerapan unsur intrinsik dalam pembelajaran materi Bahasa Indonesia pada kelas 7 SMP Negeri 13 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menganalisis dan mendeskripsikan unsur intrinsik cerpen "Gadis Manis Dalam Bis". Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan kalimat percakapan dalam cerita pendek Gadis Manis Dalam Bis” Karya Prapta Diharja. Simpulan penelitian ini adalah Kedudukan dalam analisis merupakan referensi sebagai penerus bangsa guna
memberikan pemahaman nilai-nilai peristiwa yang terjadi di dalam cerpen "Gadis Manis Dalam Bis". Dari data hasil analisis untuk mencapai proses dan hasil dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang maksimal pada kelas 7 SMP Negeri 13 Jakarta.


Kata Kunci: Unsur; Intrinsik; Cerpen; Pembelajaran Bahasa Indonesia


Referensi


Aminudin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa

Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia

Djojosuroto, Kinayanti. 2006. Teks Sastra dan Pengajarannya. Yogyakarta: Penerbit

Pustaka.

Fanani, Zainuddin. 2002. Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy. J. 2008. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Dharma.

Nurastuti, Wiji. 2007. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Ardana Media.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University

Press.

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Priyatni. 2010. Sastra Indonesia dan Tradisi Subkultur. Bandung: Angkasa

Santosa, Wijaya Heru. 2010. Pengantar Apresiasi Prosa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sayuti, Suminto A. 2002. Berkenalan Dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Semi, Atar. 1996. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Sudjiman, Panuti. 1998. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Rosda

Karya.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6163

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.