Analisis Semiotika pada Iklan GoSend Antar Kota JADETABEK & Bandung
Sari
Layanan transportasi berbasis online tentunya sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. PT GoJek Indonesia menjadi perusahaan pertama transportasi berbasis online untuk pemesanan ojek (kendaraan bermotor) di Indonesia. GoJek mengalami keberhasilan sehingga aplikasi ini terus berkembang dan tentunya meningkatkan citra perusahaannya, kualitas layanan, fitur-fitur pelengkap seputar jasa transportasi ( layanan jasa kirim barang Go-Send, jasa angkut barang Go-Box, jasa makanan
online Go-Food) dari sini Gojek berhasil meningkatkan kepercayaannya bagi konsumen terhadap aplikasi ini secara berkelanjutan. Peningkatan pengguna fitur Go-send yang melakukan pemesanan jasa secara berulang pada aplikasi Gojek ini juga salah satu bentuk keberhasilan kesuksesan bagi perusahaan GoJek. Pada kesempatan ini, kami menggunakan salah satu poster iklan gosend menjadi objek penelitian kami. Penelitian yang kami lakukan terhadap poster Go-Send menggunakan analisis Semiotika yang dibawakan oleh Roland Barthes. Semiotika ini menguraikan elemen-elemen yang terdapat pada poster jasa gosend dari Gojek, untuk mengetahui citra pada poster untuk menggambarkan sebuah perusahaan Gojek. Pada penelitian ini kami menyajikan penelitian yang bersifat deskriptif dan menggunakan data-data kualitatif
yang bersumber dari beberapa jurnal dan web.
Kata Kunci: Gojek; Semiotika; Teknologi; Online.
Referensi
Ardianto, Y. (2019, 06 Maret). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Diakses dari :
https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-MetodePenelitian-Kualitatif.html
Ahazrina. ( n.d ). Teori Semiotika Ferdinand De Saussure – Konsep dan Sistem Tanda.
Diakses dari : https://pakarkomunikasi.com/teori-semiotika-ferdinand-desaussure
Nugroho, A. (2016, 18 April). Mengenal Semiotika Model Ferdinand De Saussure.
Diakses dari : https://www.academicindonesia.com/semiotika-saussure/
Sekawan, Y. (2021). Strategi Perkembangan Gojek Indonesia Dari Era Pandemic ke Era
New Normal. The Journal of Biolaw & Business.
Ningsih, Y. (2017). Kedudukan Hukum PT.Go-Jek Indonesia Terhadap Pelaksanaan Jasa
Pengangkutan Barang Berbasis Layanan Aplikasi Online Go-Send dan Go-Box.
(Skripsi) Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Mabrukah, A. (2021). Tinjauan Yuridis Pelaksanaan Layanan Antar Barang Go-Send GoJek Indonesia. Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Gojek. (2022). Diakses pada 07 Juli, 2022 dari https://gojek.com/id-id/about/
Chlistina, Z. (2020, 22 April). GoSend dan Paxel Hadirkan Layanan Pengiriman Antarkota
dengan Tarif Rp.20.000. Diakses pada 11 Juli, 2022 dari
https://www.tek.id/tek/gosend-dan-paxel-pengiriman-antar-kota-dengan-tarifrp20-000-b1ZL29hDL
DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6168
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia
Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia
Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB
SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.