Peran Kebudayaan Lokal Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Untuk Mahasiswa Asing

Ega Evita Cahyani, Marliana Mutiara Yasmin, Ikhda Aulia Unnisa, Amanda Livia Dwi Rahma, Fitaiyah Fitaiyah, Nurul Septiani, Wulan Tamara

Sari


Perkembangan pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing atau BIPA semakin meroket, baik di dalam Indonesia maupun di luar negeri. Hal ini menjadi respon positif yang harus difasilitasi dengan baik agar pengajaran bahasa Indonesia dapat berjalan secara progresif. Latar belakang pemelajar BIPA pun kian beragam serta diikuti kepentingan yang cenderung tidak seragam. Program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) memberikan kesempatan kepada orang luar untuk mempelajari bahasa Indonesia sebagai gerbang untuk mengenal Indonesia lebih dalam lagi. Banyaknya orang asing yang ingin mempelajari bahasa Indonesia, maka semakin terbukalah kesempatan untuk Bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa internasional. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan langkah awal kecil yaitu melalui strategi kebudayaan yang dapat dilakukan untuk mengenalkan budaya lokal yang menjadi ujung tombak dari kebudayaan Indonesia itu sendiri. Kebudayaan lokal yang hidup dalam masyarakat setempat memberi kesempatan terutama untuk orang-orang asing melihat dan memahami kekayaan budaya Indonesia yang beragam. Untuk metode penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menjelaskan peneletian sesuai dengan kejadian yang sebenarnya secara objektif.

Kata Kunci : Budaya lokal; penutur asing; bahasa


Referensi


Adji Muhamad, A. T. (2018, September). BUDAYA DALAM PENGAJARAN BIPA: RESPONS ORANG ASING TERHADAP BUDAYA SUNDA DALAM HUBUNGAN LINTAS BUDAYA. METAHUMANIORA ; JURNAL BAHASA,SASTRA, DAN BUDAYA, 8, 281-288.

Aulia, H. R. (2019). URGENSI PERAN KEBUDAYAAN LOKAL DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA)

UNTUK MAHASISWA ASING. National Seminar of PBI (English Language Education), 168-172.

Hermoyo, R. P. (2017, Desember). PERANAN BUDAYA LOKAL DALAM MATERI AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA). ELSE

(Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1, 120-126.

Suyitno, I. (2017). ASPEK BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA). Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global, 55-70.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.