Perancangan Poster untuk Mengatasi Kecanduan Game Online pada Anak

Naufal Firdaus, Widya Angraini Gultom, Bening Embun Pagi

Sari


Tujuan dari perancangan poster untuk mengatasi kecanduan anak terhadap game  adalah sebagai media untuk membimbing anak dan orang tua untuk memperhatikan waktu anaknya saat bermain game. Untuk itu, kami memiliki desain media berupa poster sebagai media untuk menyampaikan ajakan mengatasi kecanduan game. Tinjauan pustaka dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan bahan dari buku, artikel, dan jurnal online. Ternyata, game ini tidak hanya memiliki efek negatif, tetapi juga efek positif jika dimainkan dengan bijak dan diatur waktu. Artikel ini, berdasarkan penelitian literatur, menjelaskan dampak kecanduan seseorang terhadap game, baik negatif maupun positif. Jadi kami membuat poster ini untuk mendidik anak-anak dan orang tua bahwa hal-hal yang mereka takutkan tidak akan terjadi dan memperburuk masa depan anak-anak mereka.

 

Kata kunci: pengaruh; permainan; poster; kecanduan.

Referensi


Fauri, A., & Almadeo, J. (2020). Poster Mengatasi Kecanduan Game Mobile Pada Generasi Masa kini. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 2(03), 150-158.

Wahyuningrum, A. F. N., & Gunadi, G. (2021). PERANCANGAN POSTER DENGAN ELEMEN GAMBAR ILUSTRASI TENTANG GADGET DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 10(1), 35-49.

Wahyuningrum, A. F. N., & Gunadi, G. (2021). PERANCANGAN POSTER DENGAN ELEMEN GAMBAR ILUSTRASI TENTANG GADGET DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 10(1), 35-49.

Sumartono, S., & Astuti, H. (2018). Penggunaan poster sebagai media komunikasi kesehatan. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(1).

Rahmawati, R., Rahmah, S. F., Mahda, D. R., Purwati, T., Utomo, B. S., & Nasution, A. M. (2021, February). Edukasi Protokol Kesehatan dalam Menjalankan New Normal di Masa Pandemik Melalui Media Poster. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran guru dalam mengatasi kecanduan game online. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1).

Anjani, R. I., & Patria, A. S. (2019). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI EDUKASI PANDUAN MEMELIHARA KUCING UNTUK ANAK USIA 10-12 TAHUN. Jurnal Seni Rupa, 1(12), 91-98.

Zaelani, A. F., Setiawati, O. R., & Lestari, S. M. P. (2019). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Dengan Depresi Pada Siswa SMP. Jurnal Psikologi Malahayati, 1(2), 35-41.

Hasanudin, D., & Adityawan, O. (2021). Perkembangan Flat Design dalam Web Design dan User Interface (UI). PANTUN, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6174

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.