Rebranding Kemasan Keripik Tempe UMKM Lokal di Daerah Ngawi

Dimas Fithroni Fatahillah, Egie Maulana Ibrahim, Fakhrurrozi Fakhrurrozi

Sari


Perancangan rebranding pada kemasan tempe umkm lokal di daerah ngawi ini bertujuan untuk memperbaiki citra visual dari segi desain dan nilai produk nya pada kemasan yang dimiliki oleh keripik tempe ini pada awalnya kemasan yang dimiliki dari keripik tempe ini hanya seperti itu-itu saja masih menggunakan plastik dan hanya ada tulisan merek keripik tempe, logo halal, tanggal produksi dan tanggal kedaluwarsa serta alamat dimana keripik tempe itu dibuat, biasanya merek keripik tempe nya ini bertuliskan dengan nama orang atau nama pemiliknya. Rebranding keripik tempe ini juga memiliki konsep yang memiliki desain yang minimalis dan unik tetapi mudah diingat oleh banyak orang, awalnya masih memakai plastik setelah di rebranding tidak akan menggunakan plastik lagi tetapi memakai pouch berbahan dasar kertas karena terbuat dari bahan-bahan yang mudah diurai atau terbuat dari bahan hasil daur ulang. Mengapa memilh memakai kemasan standing pouch dikarenakan pada kemasan ini terdapat zipper diatasnya jika makanan belum habis masih dan bisa dimakan untuk nanti lagi dengan cara membuka tutup zipper nya ini dengan mudah. Konsep desain kemasan ini juga tidak lupa dimasukkan oleh unusr-unsur desain seperti titik, garis, tekstur, bentuk, warna, dan ukuran.

 

Kata Kunci: Rebranding; Keripik Tempe; UMKM.


Referensi


Rahmawaty, D. (2021). The Influence of Product Packaging Design, Product Materials, Shop Service On Buying Decisions Al Insan Elemnetary Scholl Bekasi City. NATURAISTIC: Jurnal Kajian

Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 903–910.

Andayani, A., & Hambali, S. (2018). Produksi Tempe Sebagai Wirausaha Mahasiswa Santri. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 17(2), 327-342.

Purnomo, G. H., PP, B. P., & Rahmadianto, S. A. (2021). REBRANDING UMKM MACNFISH. ID UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UNTUK KONSUMEN USIA 17-38 TAHUN DI KOTA SURABAYA. Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 2(1), 73-85.

Prasanti, W. (2017). Pengelompokan Pemilik UMKM Keripik Tempe Sanan Berdasarkan Strategi Produk Dengan Metode K-Means Clustering (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Anggraeni, P., Sunarti, S., & Mawardi, M. K. (2017). Analisis swot pada umkm keripik tempe amel malang dalam rangka meningkatkan daya saing perusahaan (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A., & Purwanto, H. (2022). Labeling Dan Packaging Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Keripik Tempe Barokah Desa Garon Balerejo Madiun. Jurnal Pengabdian Masyarakat" Wiryakarya", 1(01).




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6175

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.