Analisis nilai moral dalam Cerpen “Teror Kenapa?” Karya Putu Wijaya dan Relevansi Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA
Sari
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil Analisis Nilai Moral dalam Cerpen “Teror Kenapa?” Karya Putu Wijaya dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskripsi. Sumber data dalam penelitian ini adalah CerpenTeror Kenapa?” Karya Putu Wijaya .Berdasarkan hasil nilai moral hubungannya manusia dengan tuhan terdapat dalam Cerpen “Teror Kenapa?” Karya Putu Wijaya adalah ketakwaan. Nilai moral dalam lingkup hubungannya manusia dengan sesama terdapat dalam cerpen “Teror Kenapa?” Karya Putu Wijaya ada enam nilai moral yaitu toleransi, kasih sayang,simpati, suka memberi, bertanggung jawab,kepedulian. Nilai moral dalam lingkup hubungannya manusia dengan diri yang terdapat dalam Cerpen “Teror Kenapa?” Karya Putu Wijaya yaitu kesadaran diri, intropeksi diri, pantang menyerah, berkomitmen dan berfikir kritis. dapat menjadi materi bahan ajar di sekolah karena dapat menjadi pedoman untuk pembentukan kepribadian dan watak peserta didik dengan mampu menilai dan memahami nilai moral yang dapat ditiru dan diterapkan dilingkungan sekolah dan masyarakat.
Kata Kunci: Nilai moral; Cerpen “Teror Kenapa?” Karya Putu Wijaya; pembelajaran sastra.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Faozi Resti. (2019). Nilai Moral Pada Antologi Cerpen Kasur Tanah (Cerpen Pilihan Kompas 2017) dan Kelayakannya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA/ MA. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang.
Kasnadi dan Sutejo. (2010). Kajian Prosa Kiat Menyisir Dunia Prosa. Yogyakarta: Pustaka Felicha.
Kosasih, E. (2014). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
Moleong, Lexy J. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Mustari, Muhammad. (2014). Nilai Karakter: Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nurgiyantoro, Burhan. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Paryani, Septa. (2017). Nilai Moral dalam Novel Diantara Dua Hati Karya Emily Giffin Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Baturaja.
Pradopo, Rachmat Djoko. (2011). PrinsipPrinsip Kritik Sastra. Yoygakarta: Gadjah Mada University Press
Purnami, Amanah Ady. (2016). Analisis Nilai Moral dalam Cerita Pendek Pada Majalah Bobo Edisi Januari Sampai Desember 2015. Skripsi. Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta.
Swandy, Eduardus. (2019). Nilai-Nilai Moral Dalam Kumpulan Cerpen Cinta Laki-Laki Biasa Karya Asma Nadia, Dkk. Jurnal Pendidikan Bahasa. 1 (2).
Syamsuddin dan Damaianti. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6176
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia
Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia
Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB
SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.