Analisis Semiotika pada Iklan XL Axiata “XL Axiata #AdaUntukIndonesia”
Sari
Iklan sendiri merupakan proses pembuatan dan penyampaian pesan yang dibayar dan disampaikan melalui sarana media massa yang bertujuan membujuk kosumen untuk melakukan tindakan membeli/mengubah perilakunya. Sampai saat ini iklan masih dianggap sebagai strategi yang efektif untuk menjaring minat dan perhatian massa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis makna dari iklan audio video yang diluncurkan oleh XL Axiata pada tanggal 13 Juni 2022 dengan judul “XL Axiata #AdaUntuk Indonesia”. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis terhadap iklan produk ini menggunakan pendekatan semiotika Saussure dan Barthes dalam mendeskripsikan tanda yang terdapat dalam iklan dengan cara membedah scene demi scene yang terdapat dalam iklan. Melalui penelitian ini, penulis mengetahui makna iklan “XL Axiata #AdaUntuk Indonesia”, yaitu iklan ini ingin memberikan informasi terkait keunggulan produk-produknya. Penelitian ini diharapkan mampu menambah referensi dan informasi mengenai iklan, teori semiotika Saussure dan Barthes, serta makna dari iklan XL Axiata “XL Axiata #AdaUntukIndonesia”.
Kata Kunci: Iklan; XL Axiata; Semiotika
Referensi
Budiman, R., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Pesan Iklan, Kreativitas Iklan terhadap Efektivitas Iklan Gojek Cerdikiawan. Prologia, 5(1). https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8140
Halid R. (2019). Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure pada Novel Manjali dan Cakrabirawa Karya Ayu Utami [Thesis]. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Haryadi, T. (2016). Analisis Iklan Televisi Sampoerna Hijau Versi “Es Kacang Ijo” Dengan Pendekatan Semiotika Roland Barthes. JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 1(1), 1–16.
Jaya, P. B. W. K. (2022). Musik sebagai batasan semiotika : perspektif Saussure , Peirce , dan Barthes. May, 0–10.
KBBI. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Lindawati, S. (2016). Penggunaan Metode Deskriptif Kualitatif Untuk Analisis Strategi Pengembangan Kepariwisataan Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIKOM), Hotel Lombok Raya Mataram.
Marsheilo, B., & Tamburian, D. (2022). Analisis Semiotika Iklan Aqua Kids 2020. Prologia, 6(1). https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10257
Nastiti N. E. (2022). ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GOJEK EDISI RAMADHAN 2021 DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Nawala Visual, 4, 34–40.
Pandit Praschita, I. W., & Giantari, I. G. A. K. (2018). PERAN BRAND AWARENESS DALAM MEMEDIASI PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TERHADAP BRAND ATTITUDE. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(2). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i02.p17
Purwono, P. Y. (2021). STILISTIKA SINTAKSIS IKLAN MCDONALD BERBAHASA JERMAN PERIODE DESEMBER 2020. Metahumaniora, 11(1).
Sidiq Umar, & Choiri Moh. Miftachul. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN (Mujahidin Anwar, Ed.). CV. NATA KARYA.
Sitompul, A. L., Patriansyah, M., & Pangestu, R. (2021). ANALISIS POSTER VIDEO KLIP LATHI : KAJIAN SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 6(1). https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i1.1830
Soendari, T. (2012). Metode Penelitian pendidikan Deskriptif. In Metode Penelitian Deskriptif.
Sumaraw E. I., Jultje A. Rattu, & Donald R. Lotulung. (2020). ANALISIS TANDA DALAM FILM THE CRUCIFIXION KARYA CHAD HAYES DAN CAREY HAYES SUATU ANALISIS SEMIOTIK. JURNAL ELEKTRONIK FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SAM RATULANGI, 10, 1–17.
Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Ecodemica, 2(1).
DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6178
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia
Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia
Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB
SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.