Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Karya Tulis Ilmiah Lingkup Mahasiswa

Syifa Aprilia, Shafira Ramadhanty, Sinta Lestari, Siti Sarah, Martina Dos Santos De Aroju, Lia Febri Fitria, Iqbal Darul Fauzi, Hasbi Yafi

Sari


PBL (Problem Base Learning) atau pembelajaran dalam masalah adalah proses pembelajaran yang dimulai dengan “problem” dan bukannya paparan atau penjelasan mengenai pengetahuan atau knowledge. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dalam masalah (PBL) membantu mahasiswa dalam menganalisis atau memecahkan masalah dalam membuat sebuah karya ilmiah. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif yang mana proses pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, ditemukan bahwa pembelajaran dalam masalah (PBL) sangat efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan penerapan pembelajaran dalam masalah (PBL), hal ini mempermudah mahasiswa dalam membuat karya ilmiah, karena dalam pembelajaran dalam masalah (PBL) dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, mengidentifikasi, menganalisis, memecahkan masalah, berpikir logis dan membuat keputusan dengan tepat serta dapat menarik kesimpulan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dalam masalah (PBL) mahasiswa menemukan hal baru mengenai identifikasi dan pemecahan masalah dalam penulisan karya sastra.

 

Kata Kunci: Problem Base Learning (PBL); Karya Tulis Ilmiah; Model Pembelajaran.


Referensi


Nisa, K. A. (2016). Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Petik, 2(1), 24-35.

Salam, H. B. (2020). Strategi Menulis Karya Ilmiah Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Problem Based Learning pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Politeknik Informatika Nasional. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(2), 693-703.

Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7 (1), 75.

Burhanuddin, B. (2022). Efektivitas penerapan model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan menulis artikel ilmiah. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 20(2), 1280-1287.

Shilphy A Octavia. (2020). Model-model pembelajaran

Lilis Lismaya. (2019). Berpikir Kritis & PBL:(Problem Based Learning) MEDIA SAHBAT CENDEKIA

F Fakhriyah. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3 (1)

Hardika Saputra. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif 5, 1-7

Gunarto. 2013. Model dan Metode Pembelajaran. Semarang: Unissula Pers.

Huda, Miftahul. 2013. Model – model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fadly, Aditiya. (2012). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.